Logo Bloomberg Technoz

Raja Startup Vision Fund Akhir Untung Usai Setahun Lebih Rugi

News
08 August 2023 16:10

Startup (Dok Freepik)
Startup (Dok Freepik)

Min Jeong Lee dan Takahiko Hyuga - Bloomberg News

Bloomberg, Unit investasi SoftBank Group Corp. yang dijuluki raja startup, Vision Fund, berhasil membukukan keuntungan setelah setahun lebih merugi. Keuntungan ini dicapai berkat kebangkitan sektor teknologi global yang membantu mengangkat valuasi beberapa investasinya.

Vision Fund membukukan laba sebesar 61 miliar yen atau US$426 juta (Rp6,39 triliun) pada kuartal yang berakhir Juni. Periode yang sama tahun lalu Vision Fund mencatatkan kerugian 2,33 triliun yen.

Kinerja keuangan ini membantu SoftBank melaporkan kerugian bersih yang lebih kecil sebesar 477,6 miliar yen, bandingkan dengan kerugian 3,16 triliun yen pada tahun lalu. Kerugian SoftBank berasal dari investasi atas saham Alibaba Group Holdings Ltd, Deutsche Telekom AG, dan T-Mobile US Inc.

Lima kuartal berturut-turut Vision Fund catatkan kerugian. (Dok Bloomberg)

SoftBank melalui Vision Fund mulai menginvestasikan miliaran dolar pada startup yang tidak menguntungkan sejak tahun 2017. Sumber dananya dari pendiri Masayoshi Son, perusahaan investasi negara atau sovereign wealth funds (SWF) Saudi Arabia dan Abu Dhabi. Perusahaan juga mendapatkan dukungan dari Apple Inc, Foxconn Technology Group, dan Qualcomm Inc.

Ilustrasi pergerakan SoftBank terhadap indeks Nasdaq 100. (Dok: Bloomberg)