Logo Bloomberg Technoz

Pacu Ekonomi, China Longgarkan Aturan Visa

News
04 August 2023 13:50

Suasana penumpang pesawat di Bandara Internasional Hongqiao di Shanghai, China, Selasa (11/7/2023). (Raul Ariano/Bloomberg)
Suasana penumpang pesawat di Bandara Internasional Hongqiao di Shanghai, China, Selasa (11/7/2023). (Raul Ariano/Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, China merilis serangkaian kebijakan untuk memudahkan perlintasan di perbatasannya untuk mendukung pemulihan ekonomi negara itu pasca-Covid.

Kementerian Keamanan Publik China merilis 26 langkah baru pada Kamis (03/08/2023) yang dimaksudkan untuk memudahkan aturan kunjungan, termasuk mengizinkan pelancong untuk meningkatkan visa single-entry mereka menjadi multiple-entry selama tiga tahun.

Warga negara asing yang melakukan perjalanan ke China untuk alasan seperti negosiasi bisnis, investasi dan usaha, serta pameran dan konferensi dapat mengajukan visa dengan surat undangan dan materi pendukung. Mereka yang memiliki kebutuhan bisnis tambahan juga dapat mengubah visa-on-arrival menjadi visa multiple-entry setelah memasuki negara tersebut.

Kebijakan baru ini juga memungkinkan warga negara asing untuk menyimpan paspor mereka sementara izin tinggal mereka sedang diproses. Sebelumnya pihak berwenang mengeluarkan dokumen perjalanan sementara yang tidak diterima secara umum sebagai paspor untuk mengatur perjalanan.