Logo Bloomberg Technoz

Transaksi Layanan Ekspor Bank Mandiri Tembus Rp617 T per Mei

Elisa Valenta
28 July 2023 14:20

Ilustrasi Bank Mandiri. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Bank Mandiri. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Bank Mandiri Tbk mencatat peningkatan transaksi dari layanan trade finance dan cash management. Emiten plat merah tersebut mencatatkan volume transaksi ekspor tumbuh 16,35% YoY menjadi Rp 617 triliun per Mei 2023. Sementara, volume transaksi impor lewat Bank Mandiri naik 5,96% YoY menjadi Rp 678 triliun pada Mei 2023.

SVP Transaction Banking Wholesale Bank Mandiri Dini Isnarti mengatakan layanan trade finance telah menjadi komponen krusial dalam perdagangan domestik maupun global dalam memfasilitasi transaksi dan menyediakan solusi keuangan bagi importir dan eksportir. 

Menurutnya pertumbuhan tersebut merupakan hasil dari optimalisasi fitur digital yang dilakukan Bank Mandiri untuk nasabah wholesale atau korporasi. Hal ini merujuk pada aplikasi Digital Super Platform Kopra by Mandiri.

“Dorongan transformasi digitalisasi mendorong lebih banyak permintaan nasabah akan layanan keuangan digital yang terintegrasi,” ujar Dini dalam keterangan resmi, Jumat (28/7).

Tak hanya itu, transaksi Cash Management Bank Mandiri juga mengalami pertumbuhan di lima bulan pertama 2023. Dari sisi frekuensi, layanan Cash Management Bank Mandiri meningkat 16,3% YoY menjadi 425,17 juta transaksi per Mei 2023.