Logo Bloomberg Technoz

Peringatan IMF: Utang Pakistan Bengkak & Rentan Gagal Bayar

News
19 July 2023 18:30

Kantor IMF di Washington D.C (Al Drago/Bloomberg)
Kantor IMF di Washington D.C (Al Drago/Bloomberg)

Faseeh Mangi - Bloomberg News

Bloomberg, Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) mengatakan utang luar negeri Pakistan membengkak menjadi US$100 miliar atau setara Rp1.502,62 triliun. Lembaga donor internasional ini memperingatkan Pakistan bisa menjadi negara berikutnya yang merestrukturisasi utang jika tidak mencapai tujuan program bailout. 

Risiko terhadap keberlanjutan utang Pakistan telah menjadi lebih jelas karena kelangkaan pembiayaan internasional dan kebutuhan pendanaan yang besar, IMF mengatakan dalam sebuah laporan yang diterbitkan pada tanggal 18 Juli. Pakistan akhirnya mendapatkan pinjaman sebesar US$3 miliar dari pemberi pinjaman multilateral minggu lalu setelah berbulan-bulan tertunda, ini membantu menghindari gagal bayar utang untuk saat ini.

Negara Asia Selatan ini harus tetap berpegang pada tujuan-tujuan program IMF untuk memastikan bahwa utang dapat berkelanjutan mengingat risiko keseluruhan dari tekanan utang yang tinggi, pemberi pinjaman yang berbasis di Washington ini mengatakan dalam sebuah laporan yang diterbitkan pada 18 Juli.

"Setiap revisi ke bawah lebih lanjut terhadap baseline dapat mendorong hutang menuju ketidakberlanjutan," tulis laporan tersebut.