Logo Bloomberg Technoz

Ditarget Rampung 2027, Begini Progres Relokasi TBBM Plumpang

Wike Dita Herlinda
18 July 2023 14:35

Suasana Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) atau Depo BBM Plumpang, Jakarta Utara, pasca pemadaman akibat kebakaran. (Dok Dimas Ardian/Bloomberg)
Suasana Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) atau Depo BBM Plumpang, Jakarta Utara, pasca pemadaman akibat kebakaran. (Dok Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Pertamina International Shipping (PIS) menargetkan relokasi Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina Plumpang ke areal Kalibaru, Jakarta Utara  dapat rampung dan siap beroperasi pada 2027.

Direktur Utama PIS Yoki Firnandi mengatakan proyek TBBM yang akan diberi nama Jakarta New Green Terminal tersebut saat ini sudah menyelesaikan studi tahap awal pembangunan di kawasan yang saat ini dikembangkan oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo).

“Ini kami sudah mendapatkan mandat dari Bu Nicke [Widyawati] sebagai Dirut Pertamina untuk mengembangkan konsep terminal baru untuk menyokong wilayah Jabodetabek. [...] Ini namanya ‘Project Horizon X’. Jadi horizon itu artinya untuk jangka panjang. X itu artinya ‘sesuatu yang baru’,” ujarnya kepada Bloomberg Technoz, belum lama ini.

Dia mengatakan hasil studi tahap awal terhadap proyek tersebut telah dipresentasikan dan disetujui oleh para pemegang saham Pertamina. Perusahaan pun sudah bernegosiasi dengan mitra potensial; yang dalam hal ini bisa menjadi penyewa potensial atau terlibat di proyek tersebut sebagai investor atau lender yang bersedia membiayai proyek ini.

Yoki menyebut Pertamina Group juga  sudah berkoordinasi tentang strategi realisasi proyek tersebut dengan pihak Pelindo. Dalam waktu dekat, keduanya akan mulai menyusun feasibility study lanjutan untuk proyek tersebut.