Logo Bloomberg Technoz

Blinken Minta ASEAN Bersikap soal Senjata Nuklir Korea Utara

Krizia Putri Kinanti
14 July 2023 17:10

Presiden Jokowi dan Menlu AS Antony Blinken (BPMI Setpres)
Presiden Jokowi dan Menlu AS Antony Blinken (BPMI Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengatakan bahwa hubungan Amerika Serikat dengan ASEAN merupakan bagian penting hadirnya AS di kawasan Indo-Pasifik. 

“Dalam strategi AS-Indo Pasifik menggarisbawahi sentralitas ASEAN dan kami memiliki visi yang sama tentang Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, sejahtera, aman, terhubung, dan tangguh,” kata Blinken dalam pertemuan tingkat menteri ASEAN Post-Ministerial Conference dengan AS di Jakarta, Jumat (14/7/2023). 

AS karena itu menghormati negara-negara bebas memilih jalan mereka sendiri di mana masalah ditangani secara terbuka bukan melalui paksaan. Selain itu ada aturan bersama yang transparan dan diterapkan secara adil. Terjadi pula konektivitas baik orang maupun barang melalui daratan, lautan langit dan bahkan dunia maya.

Namun dia menggarisbawahi soal rezim militer Myanmar harus ditekan untuk menghentikan kekerasan. Myanmar perlu menerapkan lima poin konsensus untuk mendukung kembalinya pemerintahan yang demokratis. Diketahui Myanmar merupakan anggota ASEAN yang tengah mengalami krisis politik usai kudeta militer.

“Baru saja kemarin kami mengumumkan lebih dari US$74 juta sebagai bantuan kemanusiaan tambahan ke wilayah tersebut termasuk hampir US$61 juta untuk mendukung pengungsi Rohingya akibat kekerasan yang sedang berlangsung di Myanmar,” katanya.