Logo Bloomberg Technoz

Laporan yang baru juga menunjukkan bahwa Trump, yang sudah dua tahun tidak menjabat posisi pemerintahan, telah semakin meningkatkan karir politiknya untuk keuntungan finansial, ia mendapatkan jutaan dolar dari ongkos sebagai pembicara dan usaha bisnis yang didukung oleh banyak pendukungnya.

Dalam laporan terbarunya, Trump juga memberikan rincian lebih lanjut tentang CIC Digital LLC, perusahaan yang menerima biaya lisensi untuk NFT Trump. Usaha itu memiliki rekening bank dengan saldo kurang dari US$1.000 dan dompet kripto Ethereum sebesar US$250.000 - US$500.000.

Entitas lainnya milik Trump menunjukkan adanya pendapatan US$5,8 juta dalam bentuk royalti dan US$12,6 juta dari ongkos untuk menjadi pembicara, termasuk US$1,4 juta untuk tur langsung di Florida dan Texas dengan mantan pembawa acara Fox News, Bill O'Reilly pada Desember 2021.

NFT (Sumber: Bloomberg)

Trump memberi nilai 90% sahamnya di perusahaan media sosialnya, Trump Media and Technology Group, sebesar US$5 juta hingga US$25 juta. Perusahaan juga mendapat lebih dari US$1 juta pendapatan iklan dari Rumble, situs streaming langsung konservatif yang juga menjadi tuan rumah platform Truth Social milik perusahaan, dan US$233.786 dari platform iklan RevContent. Trump juga mencatatkan US$2,1 juta dari ongkos ceramahnya sebagai pendapatan bagi perusahaan media tersebut.

Dalam dokumen itu diungkap juga pendapatan ongkos sebagai pembicara yang diperoleh oleh Melania Trump sebesar US$250.000 untuk berpidato dari Republikan Log Cabin, dan US$250.000 dari Fix California, sebuah kelompok integritas pemilu yang dipimpin oleh Ric Grenell, mantan penjabat direktur intelijen nasional Trump. 

Mantan ibu negara itu menghasilkan US$155.000 dari pidato Desember 2021 di Palm Beach untuk komite aksi politik Trump bernama Make America Great Again, Again. 

(bbn)

No more pages