Logo Bloomberg Technoz

Sandiaga: Devisa & Kunjungan Wisman 2023 Bakal 15% Lebihi Target

Krizia Putri Kinanti
12 July 2023 11:30

Sandiaga S. Uno (Dimas Ardian/Bloomberg)
Sandiaga S. Uno (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan torehan devisa sektor turisme hingga semester I-2023 telah mencapai tak kurang dari 50% target sepanjang tahun ini senilai US$10 miliar (sekitar Rp150,9 triliun kurs saat ini). Bahkan, dia percaya diri realisasi devisa dan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) 2023 bakal tembus 15% di atas target.

“Angka [capaian] devisa pariwisata, selaras dengan jumlah kunjungan wisman [wisatawan mancanegara] yang terus naik, maka kami optimistis 50% dari target devisa US$10 miliar tercapai pada semester I-2023,” ujarnya kepada Bloomberg Technoz, Selasa (11/7/2023) malam.

Meski tidak memerinci secara detail berapa torehan devisa pariwisata yang diraup selama paruh pertama tahun ini, Sandi memberikan indikasi bahwa kunjungan turis asing selama Januari—Juni 2023 telah naik lebih dari 300% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Kita tidak boleh berpuas diri memang dengan capaian wisman yang terus naik selama tiga tahun pascapandemi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno

Mengutip data terakhir Badan Pusat Statistik (BPS), kunjungan wisman per Januari—Mei 2023 menyentuh 4,12 juta kunjungan, naik 312,91% secara year on year (yoy). Dibandingkan dengan kunjungan wisman sepanjang 2022, terjadi pertumbuhan 69,94%.

“Kami sangat optimistis bisa mencapai target devisa yang sudah ditetapkan. Bahkan, data BPS memberikan guidance bahwa kita akan bisa melewati target tersebut dengan capaian 10%—15% di atas target sampai dengan akhir tahun ini. Kita lihat capaian kunjungan wisman akhir Mei dan Juni, angkanya menggembirakan. Jadi harapan kami ini berlandaskan data,” kata Sandi.

Kunjungan turis asing ke Indonesia masih belum mampu kembali ke level prapandemi (Divisi Riset Bloomberg Technoz)