Logo Bloomberg Technoz

China Sukses Luncurkan Roket Metana, Kalahkan Space X Elon Musk

News
12 July 2023 11:00

Sejumlah model roket yang diperlihatkan Landspace Technology Corp di kantor pusat di Beijing. Fotografer: Giulia Marchi/Bloomberg
Sejumlah model roket yang diperlihatkan Landspace Technology Corp di kantor pusat di Beijing. Fotografer: Giulia Marchi/Bloomberg

Bloomberg News

Bloomberg, Salah satu perusahaan rintisan asal China telah mengalahkan SpaceX milik Elon Musk dalam perlombaan peluncuran roket berbahan bakar metana. Hal ini menjadi dorongan bagi China dalam menantang Amerika Serikat (AS) yang selama ini dominan dalam teknologi luar angkasa. 

LandSpace Technology Corp. berhasil meluncurkan roket ZQ-2 dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di provinsi barat laut Gansu pada hari Rabu (12/7/2023), menurut stasiun televisi pemerintah CCTV.

Suksesnya peluncuran ini berhasil dilakukan setelah upaya pertama yang gagal pada Desember karena ada yang masalah di mesin peluncur pada tahap kedua. Setelah meninjau dan menganalisis masalah tersebut, langkah-langkah perbaikan dilakukan dan terbukti efektif dalam uji coba di darat, kata perusahaan pada bulan Maret.

Menurut perusahaan, roket tiba di pusat peluncuran pada bulan Mei setelah menempuh perjalanan selama sembilan hari dari pangkalan manufaktur LandSpace di Jiaxing. Peluncuran memasuki persiapan tahap akhir pada tanggal 6 Juli.