Logo Bloomberg Technoz

Harga Properti Komersial Jerman Anjlok, Terendah dalam 5 Tahun

News
05 July 2023 16:50

Iklan parfum Chanel di jalan Kurfurstendamm di Berlin, Jerman. (Jacobia Dahm/Bloomberg)
Iklan parfum Chanel di jalan Kurfurstendamm di Berlin, Jerman. (Jacobia Dahm/Bloomberg)

Steven Arons - Bloomberg News

Bloomberg, Pasar real estat komersial Jerman anjlok ke level terendah dalam lima tahun terakhir atau sejak 2017.  Ini sebagai tanda terbaru dari gejolak di industri properti yang dipicu oleh kenaikan suku bunga.

Volume transaksi pada paruh pertama tahun 2023 turun 50% dari enam bulan sebelumnya menjadi €14,9 miliar atau US$16,2 miliar, menurut data yang diberikan oleh perusahaan real estat JLL. Angka tersebut sekitar dua pertiga di bawah rata-rata selama lima tahun terakhir.

Rata-rata penjualan properti komersial (Bloomberg)

Mandeknya penjualan properti di Jerman mencerminkan perkembangan terbaru di negara-negara Eropa seperti Swedia, Irlandia dan Inggris. Pasar properti komersial di negara-negara tersebut telah mengalami kesulitan karena pembeli dan penjual berjuang untuk menyepakati harga.

Kenaikan suku bunga telah menaikkan biaya pinjaman, sehingga mendorong para calon investor properti meminta imbal hasil yang lebih tinggi. Hal ini mengakibatkan harga penawaran yang lebih rendah, dan pemilik menolak memberikan diskon besar pada nilai buku karena kekhawatiran bahwa hal ini dapat menyebabkan rasio utang melonjak.