Logo Bloomberg Technoz

BCA Dapat 2 Award, CEO of The Year dan Bank of The Year 2023

03 July 2023 10:45

Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk, Jahja Setiaatmadja (Dok. BCA)
Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk, Jahja Setiaatmadja (Dok. BCA)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendapatkan 2 predikat sekaligus dalam ajang The Asian Banker Leadership Achievement Awards 2023, yaitu CEO of the Year in Asia Pacific for 2023 dan Bank of the Year in Asia Pacific for 2023.

Hadir langsung untuk menerima penghargaan adalah Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja dan Direktur BCA Frengky Chandra Kusuma di Bangkok (13/6).

Pemenang pada penghargaan ini dinilai berdasarkan penilaian komprehensif dan transparan dari The Asian Banker meliputi empat kriteria utama, yaitu kinerja keuangan bisnis, pencapaian dalam mengatasi tantangan, komunikasi rencana bisnis strategis, dan kekuatan serta komitmen tim dalam kolaborasi menuju visi bersama.

The Asian Banker menggarisbawahi pertumbuhan kinerja BCA dengan posisi rasio keuangan yang solid. Pada akhir 2022, BCA melaporkan return on equity (RoE) sebesar 24,7% dan return on asset (RoA) sebesar 3,7%. Operasional BCA juga tercatat efisien dengan cost-to-income ratio (CIR) yang membaik sebesar 32,5%. Risiko kredit juga terjaga dengan rasio nonperforming loan (NPL) sebesar 1,8%.

Adapun laba bersih meningkat 29,6% secara tahunan (YoY) menjadi US$2,9 miliar.