Logo Bloomberg Technoz

Bakrie Autoparts Akan Jadi Pemegang Saham Waskita Beton (WSBP)

Dityasa Hanin Forddanta
27 June 2023 15:45

Waskita. (Dok. Waskita)
Waskita. (Dok. Waskita)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) kelak akan memiliki banyak pemegang saham baru. Hal ini seiring dengan private placement yang akan dilakukan sebagai langkah restrukturisasi utang anak usaha PT Waskita Karya Tbk (WSKT) ini.

Dalam prospektus, Selasa (27/6/2023), disebutkan Bakrie Autoparts berpotensi menjadi pemegang saham WSBP. Hanya saja, porsi kepemilikannya kecil, sesuai dengan jumlah tagihan yang dikonversi ke saham WSBP.

Anak usaha yang 99,99% sahamnya dipegang oleh PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk (VKTR) itu pernah menjadi subkontraktor WSBP. Nilai tagihannya mencapai Rp1,6 miliar. 

WSBP membatasi konversi ke saham maksimal 65% dari nilai utang. Dengan besaran ini, maka hanya tagihan senilai Rp1,04 miliar yang bisa dikonversi menjadi 558,96 juta saham WSBP oleh Bakrie Autoparts. Jumlah ini setara dengan 0,9% dari modal ditempatkan dan disetor penuh WSBP setelah konversi utang ke saham.

Bakrie Metal Industries rupanya juga tercatat sebagai salah satu kreditur WSBP. Namun, nilainya tidak signifikan dan masuk kategori kreditur dagang terdahulu.