Logo Bloomberg Technoz

AS-India Makin Akrab, Sepakati Kerjasama Cip hingga Lawan China

News
23 June 2023 11:35

Presiden AS Joe Biden (kanan) dan Perdana menteri India, Narendra Modi di Gedung Putih di Washington, DC, AS,Kamis (22/6/2023). (Al Drago/Bloomberg)
Presiden AS Joe Biden (kanan) dan Perdana menteri India, Narendra Modi di Gedung Putih di Washington, DC, AS,Kamis (22/6/2023). (Al Drago/Bloomberg)

Justin Sink dan Jenny Leonard - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Perdana Menteri India Narendra Modi mengumumkan serangkaian kesepakatan di bidang pertahanan dan komersial, demi meningkatkan hubungan militer dan ekonomi antara dua negara. Hal tersebut disampaikan dalam kunjungan kenegaraaan Modi ke Gedung Putih pada Kamis (22/6/2023).

General Electric Co. dan perusahaan India Hindustan Aeronautics Ltd. milik negara berencana bersama-sama memproduksi mesin F414 untuk pesawat tempur ringan Tejas. Kerja sama ini merupakan bagian dari upaya peningkatan pertahanan dan berbagi teknologi setelah China bertindak semakin tegas di kawasan Indo-Pasifik.

Biden dan Modi juga mengumumkan kolaborasi baru dalam sektor pertahanan, termasuk pemesanan drone MQ-9B SeaGuardian yang dibuat oleh General Atomics. Juga kesepakatan yang memungkinkan kapal Angkatan Laut Amerika melakukan perbaikan di galangan kapal India.

PM India Narendra Modi dan Presiden AS Joe Biden (Sumber: Bloomberg)

Biden dan Modi juga mengumumkan akan memulai kesepakatan di bidang semikonduktor dengan berinvestasi ke India, untuk menghadirkan manufaktur teknologi yang lebih maju di negara tersebut.