Logo Bloomberg Technoz

Apple Perdana Rilis MacBook Air 15 Inci, Harga Mulai Rp19 Juta

News
06 June 2023 09:50

MacBook Air 15 Inci. (Sumber: Bloomberg)
MacBook Air 15 Inci. (Sumber: Bloomberg)

Mark Gurman - Bloomberg News

Bloomberg - Apple Inc. meluncurkan MacBook Air berlayar besar pertama, juga versi baru Mac Studio dan Mac Pro, berusaha untuk lebih bersaing dengan PC Windows dan membalikkan penurunan penjualan yang mengganggu pendapatannya.

MacBook Air yang lebih besar, diumumkan pada Senin (05/06/2023) di Worldwide Developers Conference, memiliki layar 15,3 inci, pembeda dari layar 13 inci pada sebagian besar model MacBook Air sejak produk tersebut dirilis pada 2008. Produk baru, yang dijual mulai dari US$1.299 (Rp19,3 juta), menggunakan cip M2 dan menawarkan masa pemakaian baterai hingga 18 jam, kata Apple dalam acara yang digelar di Cupertino, California.

Apple juga memperkenalkan versi generasi kedua desktop Mac Studio untuk para profesional kreatif dan pengembang perangkat lunak. Model-model baru terlihat mirip dengan versi tahun lalu, komputer desktop kecil dengan port tanpa tampilan bawaan, tetapi menambahkan dua cip baru: M2 Max dan M2 Ultra. Prosesor komputer baru adalah cip paling kuat yang dibuat untuk komputer pribadi, kata Apple.

Perusahaan juga membawa cip internalnya ke sistem dekstop Mac Pro, dengan biaya US$6.999 (Rp104 juta). Versi perangkat saat ini masih menggunakan cip Intel Corp., membuatnya menjadi penghalang bagi Apple untuk beralih ke prosesor buatan sendiri. Mac Pro baru, yang akan tiba pekan depan, akan menyelesaikan peralihan perusahaan dari Intel.