Logo Bloomberg Technoz

Apple Luncurkan Headset Mixed-Reality, Dijual Rp52 Juta

News
06 June 2023 08:50

Headset Mixed-Reality Apple (Sumber: Bloomberg)
Headset Mixed-Reality Apple (Sumber: Bloomberg)

Mark Gurman - Bloomberg News

Bloomberg - Headset mixed-reality Apple Inc. yang lama ditunggu-tunggu akan dihargai US$3.499 atau senilai Rp52 juta. Perilisan headset tersebut akan menguji apakah konsumen siap menghabiskan banyak uang untuk teknologi yang dilihat Apple sebagai masa depan komputasi.

Apple meluncurkan headset Vision Pro pada Konferensi Pengembang Sedunia tahunan pada Senin (05/06/2023), sebagai puncak dari pengembangan selama lebih dari tujuh tahun. Diperkenalkan dengan frase merek dagang Steve Jobs, “one more thing”, produk tersebut menempatkan Apple ke dalam kategori baru major pertama sejak mulai menjual jam tangan pintar pada 2015. Vision Pro juga bisa menjadi salah satu peluncuran paling berisiko dalam sejarah perusahaan.

Dalam presentasi skala besar tersebut, Apple mendemonstrasikan berbagai fitur headset dan menyoroti konten yang direncanakan untuk produk tersebut, termasuk game dan video interaktif dari Walt Disney Co. Perangkat yang menyerupai kacmata ski berteknologi tinggi ini akan memiliki sistem operasinya sendiri, yaitu VisionOS, juga App Store khusus. Perangkat tersebut rencanananya akan dirilis tahun depan di Amerika Serikat, dan akan disusul oleh wilayah lain selanjutnya.

Vision Pro adalah yang terbaru dari apa yang diharapkan Apple sebagai produk baru yang inovatif, yang dapat membantu raksasa teknologi itu untuk terus meningkatkan penjualan. Ini akan mencoba mendefinisikan kembali industri yang masih baru tersebut dalam satu rangkaian bersama Mac, iPod, iPhone, dan IPad. Bedanya kali ini Apple meluncurkan dengan harga tinggi, dan terjun ke pasar yang belum beresonansi dengan konsumen.