Logo Bloomberg Technoz

"Ada setengah lusin artis dan grup baru yang bermunculan di pasar musik K-Pop setiap minggunya," kata Jangwon Lee, yang membuat pelacakan  exchange-traded fund (ETF) dari saham-saham yang bergerak pada industri hiburan. "Ini menjadi pembuka jalan untuk menjadi sesuatu yang akan bertahan lebih lama. Itu sebabnya kami melihat lonjakan saham K-Pop, hiburan Korea."

Grafik saham agensi K-Pop. (Sumber: Bloomberg)

Di antara agensi K-Pop terbesar, saham YG Entertainment telah melonjak lebih dari 100% tahun ini, dan mencapai rekor tertinggi sepanjang masa. JYP Entertainment naik 90%, sementara saham SM Entertainment, 33%.

Goldman menaikkan target harganya di JYP menjadi 130.000 Won dan 97.000 Won di bulan Mei sambil mempertahankan harga belinya. Demikian pula, sejumlah broker lokal meningkatkan HYBE, YG, dan SM setelah perusahaan-perusahaan tersebut melaporkan pendapatan kuartal pertama. Sementara Netflix berjanji untuk mengivestasikan US$2,5 miliar untuk konten Korea selama empat tahun ke depan.

Sanford C Bernstein Ltd. menempatkan Hybe sebagai pilihan teratas, mengingat adanya 'struktur bisnis yang lebih progress' dari perusahaan, dengan harga target kenaikan  30% dari level saat ini. Sahamnya kini telah menguat 50% tahun ini, meskipun perusahaan belum bisa mengungguli SM, juga kekhawatiran tentang prospek setelah artis papan atas BTS mengambil jeda dalam kariernya.

Euforia telah menyebar jauh melampaui Korea Selatan. Sementara dana global menjual bersih US$1,2 miliar saham yang terdaftar di Kodaq tahun ini. Mereka membeli US$477 juta dari tiga saham K-Pop. HYBE, yang terdaftar di Kospi, menarik aliran masuk bersih sebesar US$245 juta, membantu mendorong indeks acuan ke ambang bull market.

Mengambil Keuntungan

Namun, tanda-tanda stres muncul di tengah kehebohan tersebut.

Saham HYBE jatuh sebanyak 5,1% pada Jumat (02/06/2023) setelah Bloomberg melaporkan rencananya untuk mengumpulkan lebih dari US$380 juta untuk mengambil kesepakatan baru. SM Entertainment berakhir datar setelah mencatat penurunan terbesar dalam dua bulan terakhir, satu hari sebelumnya. Kerugian tersebut dipicu oleh pengumuman bahwa tiga orang anggota grup terpopuleranya berusaha untuk mengakhiri kontrak eksklusif.

Valuasi juga menjadi lebih mahal setelah reli baru-baru ini: HYBE diperdagangkan dengan price-to-earnings ratio (PER) 45 kali, naik hampir dua kali lipat dari pertengahan Oktober.

PE Ratio JYP hampir 33 kali, lebih dari sepertiga lebih tinggi jika dibandingkan dengan jangka waktu yang sama. Universal Music, di sisi lain, diperdagangkan mendekati level terendah dalam tujuh bulan terakhir.

Tetap saja, penggemar fanatik cenderung tetap tidak gentar, karena mereka menantikan dimulainya kembali konser secara langsung dan keterbukaan Beijing yang lebih moderat terhadap hiburan asing. Hal ini tentu mendorong pertumbuhan.

Dengan ekonomi terbesar kedua di dunia, dan telah melewati masa pandemi, K-Pop fans saat ini tengah melakukan perjalanan untuk bertemu idola mereka dan membeli lebih banyak album, kata Lee Hwajung, seorang analis di NH Investmen & Securities Co.

Sektor ini "akan mencatat lintasan pertumbuhan pasar yang solid pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 12% pada 2022 hingga 2028, melalui kehadiran yang lebih kuat di pasar global. Dan upaya monetisasi dari produsen K-Pop,' tulis analis Sanford C Bernstein termasuk Bokyung Suh dalam laporannya.

(bbn)

TAG

No more pages