Logo Bloomberg Technoz

Mendag China dan Jepang Saling Protes Saat Bertemu di AS

News
29 May 2023 12:10

Ilustrasi ekspor impor China (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi ekspor impor China (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Menteri perdagangan (Mendag) China dan Jepang saling melayangkan protes atas kebijakan kontrol ekspor chip dan penahanan warga negara Jepang dalam pertemuan di Detroit , Amerika Serikat (AS), pekan lalu, menurut pernyataan dari kedua pemerintahan.

Mendag China Wang Wentao dan Mendag Jepang Yasutoshi Nishimura bertemu di Detroit pada 26 Mei lalu. Dalam pertemuan tersebut Wang Wentao melayangkan protes atas kebijakan Jepang yang membatasi ekspor chip ke China dan "serangan" Kelompok Tujuh (G7) terhadap China. Pertemuan G7 diselenggarakan di Jepang pekan lalu.

Sementara itu, Yasutoshi Nishimura meminta Wang Wentao untuk membebaskan seorang karyawan perusahaan farmasi Jepang Astellas Pharma Inc yang ditahan di China pada bulan Maret lalu, demikian pernyataan Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang melalui email.

Pertemuan tingkat tinggi ini terjadi di tengah-tengah ketegangan hubungan kedua negara tetangga di Asia Ini. Jepang berusaha mempertahankan hubungan bisnis dengan mitra dagang terbesarnya, China, sementara Jepang juga tidak mau menolak permintaan sekutu keamanan formalnya, Amerika Serikat (AS).