Logo Bloomberg Technoz

Sandiaga Uno Kecewa 5 Destinasi Superprioritas Sepi Investor

Sultan Ibnu Affan
23 May 2023 16:30

Menteri Pariwisata Sandiaga Uno saat ditemui setelah peresmian KEK Lido, Jumat (31/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Tara Marchelin)
Menteri Pariwisata Sandiaga Uno saat ditemui setelah peresmian KEK Lido, Jumat (31/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Tara Marchelin)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menilai investasi untuk pengembangan 5 Destinasi Superprioritas masih jauh dari harapan. 

Sekadar catatan, 5 Destinasi Superprioritas mencakup Borobudur, Likupang, Mandalika, Danau Toba, dan Labuan Bajo. Hingga saat ini, sebut Sandi, investasi untuk pengembangan kawasan-kawasan tersebut baru mencapai Rp5,31 triliun.

“Ini masih belum optimal. Saya mengajak [pengusaha] untuk lebih berinvestasi, karena total [investasi di 5 Destinasi Superpriorites sebanyak] Rp5,31 triliun ini sangat kurang untuk sektor yang sangat strategis bagi Indonesia,” ujar Sandi dalam acara Rakernas Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI), Selasa (23/5/2023).

Menurut Sandi, proyek Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) tersebut semestinya membutuhkan investasi antara US$6 miliar—US$8 miliar (Rp89,23 triliun—Rp118,97 triliun).

Adapun, nilai proyek eksisting di 5 Destinasi Superprioritas mencapai Rp172 triliun yang dananya juga bersumber dari investasi pemerintah. Adapun, komitmen investasi baru baru hanya mencapai Rp1,55 triliun.