Logo Bloomberg Technoz

Bandara Turki Tutup 12 Jam Imbas Penampakan UFO

News
22 May 2023 17:50

Ilustrasi Bandara (Dok. Angkasa Pura)
Ilustrasi Bandara (Dok. Angkasa Pura)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Setidaknya 18 penerbangan ditangguhkan selama 12 jam menyusul dugaan penampakan Unidentified Flying Object atau UFO oleh radar pesawat penumpang di tenggara Turki pada Sabtu (20/5), dikutip dari media Turki Anadolu.

Pesawat komersial, yang mendarat di Bandara Gaziantep sekitar tengah malam, melaporkan mereka melihat di radar adanya sebuah objek tak dikenal di ketinggian 2.743,2 meter (9.000 kaki) di atas kota Gaziantep.

Setelah menerima laporan dari pilot, Menara Air Kontrol Lalu Lintas Udara (ATC) Gaziantep memerintahkan semua jadwal penerbangan dialihkan ke bandara Adana dan Sanliurfa. Situs berita Turki Habertürk melaporkan objek tak dikenal tersebut juga telah dikonfirmasi oleh operator setempat.

Dikatakan bahwa setelah insiden tersebut, 26 penerbangan dari Bandara Gaziantep, 13 di antaranya keberangkatan dan 13 sisanya kedatangan, dibatalkan. Namun, berdasarkan pihak Gaziantep Airport State Airports Authority (DHMI), sebuah NOTAM (Notice to Airman), tidak dikeluarkan atas insiden tersebut.

NOTAM merupakan pemberitahuan yang diajukan kepada otoritas penerbangan untuk memberi tahu pilot pesawat tentang potensi bahaya di sepanjang rute penerbangan, atau di lokasi yang dapat mempengaruhi penerbangan.