Logo Bloomberg Technoz

Jalan Daerah Rusak, Pemerintah Anggarkan Rp 14,6 T Buat Perbaikan

Yunia Rusmalina
20 May 2023 16:00

Jokowi mengecek jalan rusak parah di Labuhan Batu, Sumatera Utara (Twitter @jokowi)
Jokowi mengecek jalan rusak parah di Labuhan Batu, Sumatera Utara (Twitter @jokowi)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah pusat akan segera memulai percepatan pembangunan jalan-jalan daerah yang rusak dan menjadi prioritas untuk perbaikan mulai Juli 2023 dengan total anggaran sebesar Rp 14,6 triliun. 

Hal tersebut mengacu pada arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) No. 3  Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Inpres Jalan Daerah bertujuan untuk menangani jalan-jalan non nasional yang rusak dan menigkatkan kemantapan jalan daerah di seluruh Indonesia melalui bantuan APBN.

"Kita akan segera laksanakan perintah Bapak Presiden dengan memulai tender pekerjaan pada bulan Mei 2023 ini, sehingga Juni atau paling lambat Juli sudah bisa mulai diperbaiki kondisi jalannya," kata Menteri Basuki dalam keterangannya, Sabtu (10/05/2023). 

Dari kesempatan yang lain, Direktur Jenderal Bina Marga Kementeruan PUPR Hedy Rahadian menambahkan, percepatan penanganan kemantapan jalan dan jembatan diprioritaskan pada daerah yang memiliki tingkat kemantapan rendah, terutama untuk ruas-ruas pengungkit pertumbuhan ekonomi dan peningkatan akses keterisolasian.