Logo Bloomberg Technoz

Itu bisa memberikan dorongan baru untuk harga minyak mentah, yang telah stabil mendekati US$75 per barel di London setelah sempat kehilangan semua keuntungan akibat pemangkasan produksi OPEC di tengah kekhawatiran atas resesi. 

Graafik harga minyak dunia


Bulan lalu, IEA memperingatkan bahwa kenaikan harga dapat memperburuk tekanan terhadap konsumen, yang juga tengah diperas oleh kenaikan inflasi.

Risiko Ekonomi

Konsumsi bahan bakar China mencapai 16 juta barel per hari pada Maret, menurut badan yang berbasis di Paris yang memberi saran kepada ekonomi utama. Indikator ekonomi terbaru Beijing mungkin goyah, tetapi sebagian besar pemulihan permintaan yang diproyeksikan sudah berjalan.

Data resmi China pada Selasa menunjukkan hasil industri, penjualan ritel, dan investasi tetap tumbuh pada kecepatan yang jauh lebih lambat dari yang diharapkan pada April. Tingkat pengangguran kaum muda mencapai rekor tertinggi 20,4%, sebuah tanda bahwa pemulihan pascapandemi tidak cukup kuat untuk menyerap jutaan pendatang baru ke pasar tenaga kerja.

Bagaimanapun, laporan tersebut juga mengakui risiko yang masih ada. IEA mencatat "prospek yang lebih suram" untuk ekonomi yang lebih luas yang diperburuk oleh kemerosotan di bidang manufaktur dan perdagangan global yang lemah, dengan dorongan yang diproyeksikan dari China tetap sulit dipahami.

“Gambaran ekonomi telah memburuk,” kata Bosoni. "Suku bunga tetap tinggi dan meningkat, inflasi berjalan tinggi dan ada kekhawatiran kita akan mengalami kontraksi di banyak bidang."

Perkiraan agensi yang lebih kuat untuk pertumbuhan permintaan pada 2023 sebagian berasal dari penurunan peringkat historis selama dua tahun sebelumnya. Perubahan dasar ini berfokus pada negara berkembang, termasuk China. Jadi, meskipun Beijing mendorong pertumbuhan tahun ini, total konsumsinya lebih rendah dari perkiraan bulan lalu.

Meskipun demikian, IEA memproyeksikan pasar minyak global masih akan mengalami defisit musim panas ini, menyebabkan persediaan sebesar 2 juta barel per hari pada paruh kedua tahun ini habis dengan cepat.

Tambang Minyak Bumi (Dok. Unsplash)

Pemangkasan OPEC

Sebagian besar pengetatan pasok minyak dunia akan disebabkan oleh OPEC dan mitranya sebagai anggota kunci yang memulai putaran baru pembatasan produksi bulan ini, yang dikritik IEA karena berisiko menaikkan harga. Produksi minyak OPEC akan dipangkas 850.000 barel per hari antara April dan Desember, menurut prediksi lembaga tersebut.

Kebijakan tersebut telah menghidupkan kembali ketegangan antara OPEC dan IEA, lembaga yang masing-masing mewakili produsen dan konsumen energi, dengan masing-masing pihak memperingatkan bahwa yang lain harus "berhati-hati" dalam resepnya. OPEC+ bertemu untuk meninjau strategi produksinya pada 4 Juni.

Ironisnya, beberapa bantuan pasokan diberikan oleh anggota OPEC+ Rusia, yang mempertahankan ekspor meskipun berjanji untuk memangkas penjualan sebagai pembalasan atas sanksi barat atas perangnya di Ukraina.

Pengiriman minyak mentah dan olahan Rusia mencapai tertinggi pascainvasi 8,3 juta barel per hari pada April, sementara pendapatan ekspor membengkak sebesar $1,7 miliar menjadi $15 miliar, menurut agensi tersebut.

--Dengan asistensi Francine Lacqua.

(bbn)

No more pages