Logo Bloomberg Technoz

Dia menambahkan harga ayam di Ibu Kota Sulawesi Selatan itu saat ini cenderung tinggi di level Rp40 ribu/kg. Akan tetapi, dia menilai harga tersebut masih cenderung wajar dan menguntungkan produsen. 

“Kalau bisa bertahan sebulan. Kalau harga ayam di Makassar [turun ke] Rp32 ribu/kg, peternak akan rugi. Ayam itu harga [keekonomiannya] seharusnya Rp35 ribu—Rp36 ribu/kg, itu sudah kami hitung. Jadi kalau sekarang harganya Rp40 ribu/kg, enggak apa-apalah untuk menutup [kerugian] kemarin yang terlalu murah,” lanjutnya. 

Penurunan harga pascaperiode Lebaran juga terjadi pada beras. Menurut Zulkifli, hal tersebut dipicu oleh operasi pasar besar-besaran yang dilakukan Perum Bulog (Persero) dengan menjual beras medium seharga Rp9.450/kg.

“Beras turunnya Rp200/kg, tetapi Bulog tidak merugikan petani karena mereka membeli dari petani tetap dengan harga Rp10 ribu/kg. Jadi kalau dahulu harga turun dan petani rugi, sekarang sudah tidak lagi,” terangnya. 

Secara umum, Zulkifli menilai upaya pengendalian harga pangan selama periode Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN) berjalan dengan lancar berkat kerja sama antarinstansi dan kementerian terkait, baik di pusat maupun daerah. 

Badan Pusat Statistik (BPS) sebelumnya mencatat laju inflasi April sebesar 4,33% secara year on year (yoy) lebih rendah dari Maret 2023 yang mencapai 4,97% (yoy). Angka ini juga lebih rendah jika dibandingkan inflasi HBKN Ramadan dan Idulfitri 2022.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu mengatakan inflasi  yang terkendali dipicu oleh terjaganya pergerakan harga pangan serta turunnya inflasi inti dan administered price.

Inflasi harga pangan bergejolak (volatile food) turun tajam dari Maret 2023 yang mencapai 5,83% yoy menjadi 3,74% yoy pada April 2023. Adapun, inflasi inti April 2023 mencapai 2,83% yoy, sedikit melambat dari Maret 2,94% yoy. Sementara itu, inflasi administered price juga mengalami perlambatan 11,56% yoy pada Maret dan menurun pada April mencapai 10,32% yoy. 

“Terkendalinya inflasi pangan ini juga didukung melimpahnya stok seiring panen raya padi dan komoditas hortikultura sepanjang Maret dan April. Ke depan, pemerintah terus berfokus untuk menjaga ketersediaan pangan, terutama adanya risiko ancaman El Nino yang berpengaruh pada produktivitas pangan,” jelasnya melalui siaran pers, Rabu (3/5/2023).

(ibn/wdh)

No more pages