Logo Bloomberg Technoz

Kurang 3 Bulan Beroperasi, Tarif LRT Jabodebek Belum Jelas

Rezha Hadyan
17 April 2023 21:00

Rangkaian kereta LRT Jabodebek di Depo LRT Jabodebek, Bekasi. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Rangkaian kereta LRT Jabodebek di Depo LRT Jabodebek, Bekasi. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kereta Light Rail Transit atau LRT Jabodebek diklaim akan mulai beroperasi secara komersial mulai 12 Juli 2023. Akan tetapi, hingga kini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI belum bisa memastikan berapa tarif kereta ringan yang menghubungkan Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi tersebut.

“Belum ketahuan untuk tarifnya berapa, tetapi usulan kami itu Rp12.000 untuk tarif dasar atau masuk stasiun. Tarifnya akan progresif per 3-5 km bertambah Rp30.000,” kata Manager Public Relation LRT Jabodebek, Kuswardojo saat ditemui di Jakarta, Senin (17/4/2023).

Selain tarif, menurut dia, badan usaha milik negara tersebut juga belum mengetahi berapa subsidi yang akan diberikan pemerintah untuk menekan biaya tiket. Menurut dia, keputusan akan diberikan Kementerian Perhubungan. Padahal, target operasional tersebut hanya tersisa kurang dari tiga bulan.

Kuswardojo mengungkapkan, tarif tertinggi atau perjalanan terjauh LRT Jabodebek sementara tercatat dari Jatimulya, Bekasi Timur, Jawa Barat menuju Dukuh Atas, Jakarta Pusat. Perjalanan ini diperkirakan butuh tiket sebesar Rp24.000. Adapun, kata dia, besaran tarif rata-rata diperkirakan sebesar Rp15.000 per perjalanan.

Suasana uji coba LRT Jabodebek di Jakarta, Kamis (9/3/20223). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)