Logo Bloomberg Technoz

Wadirut Moratelindo Genta Andhika Putra

Potensi Besar Internet Fiber Optic di Indonesia

Roy Franedya
04 April 2023 12:31

Wakil Direktur Utama Moratelindo Genta Andhika Putra. (dok; Moratelindo)
Wakil Direktur Utama Moratelindo Genta Andhika Putra. (dok; Moratelindo)

Bloomberg Technoz, Jakarta -  Berbekal internet backbone, PT Mora Telematika Indonesia Tbk (Moratelindo) semakin agresif untuk masuk masuk ke segmen internet rumahan atau home ritel. 

Dengan brand Oxygen.id Homecare, emiten dengan kode ticker MORA ini telah ekspansi ke kota-kota di luar pulau Jawa. Bagaimana strategi bisnis Moratelindo di sektor home ritel, korporasi, backbone, VSAT, hingga data center, berikut ini petikan wawancara Bloomberg Technoz dengan Wakil Direktur Utama Moratelindo Genta Andhika Putra

Bisa digambarkan soal persaingan di bisnis jasa infrastruktur telekomunikasi fiber optik saat ini? Dan di mana posisi Moratelindo saat ini bila dilihat dari market share?

Untuk market share di bisnis fiber optic kami masih berkisar di 10 -11%. Kalau lihat dari geografis Indonesia, sebenarnya peluang masih terbuka cukup lebar. Karena kan beberapa - beberapa daerah Indonesia yang masih belum terjangkau jaringan internet. Kemarin kita sempat berhasil menghasilkan proyek Palapa Ring Barat di 2018 dan Palapa Ring Timur di 2019 sehingga kami dapat menjangkau daerah seperti Natuna, Nusa Tenggara Timur, sampai pedalaman Papua, sehingga jaringan internet juga bisa dirasakan oleh masyarakat di sana. Jadi peluang untuk bertumbuh bagi Moratelindo masih sangat besar.

 Pandemi mempercepat digitalisasi di Indonesia. Peluang apa yang ingin dikembangkan Moratelindo untuk bisa memaksimalkan kondisi ini dan meningkatkan kinerja keuangan perusahaan?