Logo Bloomberg Technoz

Ini 4 Kementerian yang Pertama Pindah ke IKN Dampingi Presiden

Azura Yumna Ramadani Purnama
30 May 2024 14:12

Pembangunan rumah pegawai pemerintah di ibu kota negara baru Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara,Kamis (21/9/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)
Pembangunan rumah pegawai pemerintah di ibu kota negara baru Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara,Kamis (21/9/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Empat Kementerian koordinator (Kemenko) akan menjadi pejabat negara yang pindah pada tahap pertama dan bertugas di Ibu kota Nusantara (IKN), mendampingi presiden dan perangkatnya.

Keempat Kemenko yang dimaksud antara lain, Kemenko Bidang Perekonomian, Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kemenko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, serta Kemenko Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan. 

Hal itu diungkap oleh Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Sesmenko) Susiwijono Moegiarso. Ia menjelaskan bahwa rencana perpindahan tersebut telah disepakati sejak awal, dan nantinya akan diikuti oleh Kementerian/Lembaga (K/L) teknis di bawah arahan empat Menko terkait.

“Dengan harapan empat Kemenko nanti masing masing K/L teknis ada perwakilannya. Misalnya Kementerian Keuangan di bawah kami,” kata Susiwijono saat ditemui di kantornya, Rabu malam (30/5/2024).

Namun, ia belum dapat memastikan berapa banyak pegawai Kemenko Perekonomian yang akan ikut bertugas di IKN, sebab terdapat beberapa kali penyesuaian yang disesuaikan dengan kesiapan infrastruktur di sana.