Logo Bloomberg Technoz

Puluhan Pejabat Hadiri Pemakaman Presiden Iran Termasuk Bos Hamas

News
23 May 2024 15:30

Pemakaman Presiden Iran Ebrahim Raisi. (Sumber: Bloomberg)
Pemakaman Presiden Iran Ebrahim Raisi. (Sumber: Bloomberg)

Golnar Motevalli - Bloomberg News

Bloomberg, Puluhan pejabat asing menghadiri pemakaman Presiden Iran Ebrahim Raisi pada Rabu (22/05/2024). Di antaranya menteri luar negeri Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Bahrain yang bertemu dengan para pemimpin Hamas dan Hizbullah. 

Di samping mereka, hadir juga perwakilan Houthi Yaman dan Taliban Afghanistan, serta mantan ajudan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Daftar tamu tersebut menunjukkan betapa kerasnya upaya Iran untuk memperbaiki hubungan dengan negara-negara Arab besar, meskipun mereka tetap menjadi sekutu penting AS yang telah menormalisasi hubungan dengan Israel atau mungkin akan melakukannya. Upacara pemakaman Raisi bahkan merupakan kunjungan pertama presiden Tunisia ke Iran sejak Revolusi Islam, dan kemunculan menteri luar negeri Yordania dan Mesir yang sangat langka.

Sebelum Raisi terpilih sebagai presiden pada 2021, pemerintahan Iran dipimpin oleh seorang presiden moderat yang ingin memperbaiki hubungan dengan negara-negara barat dan mengurangi ketergantungan dengan investasi China. Kini, hal tersebut telah berubah meskipun ketegangan meningkat antara Iran di satu sisi, dan dengan Israel dan AS di sisi lain.