Logo Bloomberg Technoz

Strategi PIS untuk Perkuat Posisi RI di Industri Maritim Global


(Dok. Pertamina International Shipping)
(Dok. Pertamina International Shipping)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Pertamina International Shipping (PIS) mengungkap sejumlah strategi perusahaan dalam mendukung Indonesia menjadi negara maritim yang kuat di dunia.

Strategi ini dipaparkan oleh CEO PIS Yoki Firnandi, dalam sebuah acara Shipping dan Logistic Forum 2024 yang digelar belum lama ini.

Yoki menjelaskan terdapat tiga tantangan utama dalam bisnis PIS saat ini, yang terkait dengan sektor industri perkapalan dan logistik. Tantangan pertama adalah penyediaan jasa layanan yang reliable dan efisien, lalu pelayanan optimal dan efisien untuk distribusi energi di negara kepulauan seperti Indonesia, dan terakhir adalah operasi bisnis yang sejalan dengan isu berkelanjutan.

(Dok. Pertamina International Shipping)

"Untuk menjawab tantangan tersebut, PIS terus meng-upgrade armada agar memenuhi standar dari pengguna layanan di dalam dan luar negeri, sekaligus memenuhi regulasi internasional. Ini sesuai dengan arahan Kementerian Perhubungan," ujar Yoki. 

PIS, kata Yoki, juga menjaga dan menjalankan amanat sebagai urat nadi distribusi energi di Indonesia dengan beroperasi secara efisien namun tetap mengutamakan aspek keamanan dan keselamatan.