Logo Bloomberg Technoz

Emiten Boy Thohir MBMA Akan Gelar Rights Issue

Sultan Ibnu Affan
16 May 2024 09:50

Smelter nikel milik PT Merdeka Battery Materials Tbk (Dok. Perseroan)
Smelter nikel milik PT Merdeka Battery Materials Tbk (Dok. Perseroan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Merdeka Battery Materials Tbk (MBMA) berencana melakukan rights issue sebanyak-banyaknya 10% dari jumlah seluruh saham ditempatkan, dan disetor penuh perseroan.

Berdasarkan keterbukaan informasinya yang dikutip Kamis (16/5/2024), aksi korporasi itu dilakukan guna meningkatkan struktur permodalan hingga pengembangan usaha melalui anak usaha perseroan.

"Namun tidak terbatas pada pembelian saham dan/atau aset, dan/atau penyertaan saham pada satu atau lebih perusahaan, dan metode transaksi lain yang sesuai," tulis manajemen.

Manajemen mengatakan, rencana tersebut akan dilaksanakan usai gelaran rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) perseroan yang dijadwalkan pada 21 Juni 2024 mendatang, dengan tanggal terakhir pencatatan pemegang saham yang berhak hadir atua recording date pada 29 Mei.

"Apabila pemegang saham Perseroan tidak melaksanakan HMETD yang dimiliki olehnya dalam PMHMETD I, maka kepemilikan pemegang saham Perseroan tersebut akan terkena dilusi dengan persentase maksimum sebesar 9,1% dari jumlah kepemilikan sahamnya di Perseroan."