Logo Bloomberg Technoz

7 Pesawat & 5 Kapal Militer China Mendekat, Taiwan Kerahkan Rudal

Redaksi
06 May 2024 10:00

Rudal Harpoon (Sumber: Bloomberg)
Rudal Harpoon (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Pertahanan Nasional (MND) Taiwan melacak tujuh pesawat militer China dan lima kapal angkatan laut di sekitar Taiwan antara pukul 6 pagi pada Sabtu (4/5/2024) hingga pukul 6 pagi pada hari Minggu (5/5/2024).

Dari tujuh pesawat Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), satu pesawat tak berawak Tiongkok melintasi garis tengah Selat Taiwan, memasuki sudut barat daya zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) negara itu, demikian menurut MND.

Melansir Taiwan News, sebagai tanggapan, Taiwan mengirim pesawat terbang dan kapal angkatan laut serta mengerahkan sistem rudal berbasis pantai untuk memantau aktivitas PLA.

Sejauh bulan ini, Taiwan telah melacak pesawat terbang militer China sebanyak 46 kali dan kapal angkatan laut sebanyak 19 kali. Sejak September 2020, China telah meningkatkan penggunaan taktik zona abu-abu dengan secara bertahap meningkatkan jumlah pesawat terbang dan kapal angkatan laut yang beroperasi di sekitar Taiwan.

Taktik zona abu-abu didefinisikan sebagai "upaya atau serangkaian upaya di luar penangkalan dan jaminan kondisi mapan yang berupaya mencapai tujuan keamanan seseorang tanpa menggunakan penggunaan kekuatan secara langsung dan besar."