Logo Bloomberg Technoz

Ekonomi Taiwan Melonjak Tercepat dalam 3 Tahun, Didorong AI

News
30 April 2024 19:20

Bendera Taiwan. (Dok: Bloomberg)
Bendera Taiwan. (Dok: Bloomberg)

Betty Hou - Bloomberg News

Bloomberg, Ekonomi Taiwan tumbuh dengan laju tercepat dalam hampir tiga tahun karena permintaan global terhadap teknologi terkait kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) mendorong lonjakan ekspor.

Menurut pernyataan dari biro statistik di Taipei pada Selasa (30/04/2024) Produk Domestik Bruto (PDB) Taiwan tumbuh 6,51% year-on-year menjadi NT$5,46 triliun pada kuartal pertama. Ini merupakan laju tercepat sejak kuartal kedua 2021. Angka tersebut lebih kuat dari perkiraan kenaikan 6% yang diprediksi para ekonom dalam survei Bloomberg.

"PDB Taiwan yang kuat mencerminkan siklus teknologi global dan ekspor dari wilayah China Raya. Ini sejalan dengan angka PMI manufaktur dari China daratan sebelumnya pada Selasa," kata Raymond Yeung, kepala ekonom untuk Greater China di Australia & New Zealand Banking Group Ltd, dalam pesannya. "Angka PDB ini merupakan cerminan dari ekonomi AS."

Ekonomi Taiwan adalah salah satu penerima keuntungan utama dari lonjakan permintaan global untuk perangkat keras yang mendukung teknologi AI, seperti semikonduktor dan server. Pertumbuhan yang lebih baik dari perkiraan mendorong biro statistik untuk menaikkan perkiraan PDB setahun penuh pada Selasa, menjadi 3,57% dari perkiraan sebelumnya yaitu 3,43% pada bulan Februari.

PDB Taiwan. (Sumber: Bloomberg)