Logo Bloomberg Technoz

Harga Emas Rontok Jelang Rilis Bunga Acuan The Fed

News
30 April 2024 19:30

Ilustrasi emas.
Ilustrasi emas.

Sybilla Gross dan Jack Ryan - Bloomberg News

Bloomberg, Harga emas turun, berpotensi mengurangi kenaikan di bulan ketiga berturut-turut, karena fokus investor beralih ke pertemuan pengambilan keputusan suku bunga bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) pekan ini. Para pembuat kebijakan diperkirakan akan mengambil nada hawkish (mengetatkan kebijakan moneter) dalam pertemuan tersebut.

Emas batangan turun sedikit ke bawah US$2.320/ounce, meskipun masih naik hampir 4% untuk bulan ini, menjelang keputusan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) pada Rabu (01/05/2024). Para pejabat The Fed diperkirakan akan mengambil sikap hawkish setelah data inflasi yang lebih tinggi dari perkiraan. 

Hal ini memunculkan spekulasi bahwa bank sentral mungkin terpaksa memundurkan rencana Gubernur The Fed Jerome Powell menurunkan suku bunga yang lebih cepat pada bulan Desember lalu.

Pelaku pasar swap sekarang memperkirakan The Fed akan melakukan paling banyak dua kali penurunan suku bunga pada akhir tahun - jumlah pengurangan terkecil yang diperkirakan sejak November 2023. Suku bunga yang lebih tinggi biasanya berdampak negatif bagi emas karena emas tidak memberikan bunga.

Grafik harga emas. (Sumber: Bloomberg)