Logo Bloomberg Technoz

Pengeluaran Konsumen

Pengeluaran konsumsi pribadi menyumbang sekitar dua pertiga dari PDB, dan kemungkinan terus mendorong pertumbuhan di kuartal pertama. Data bulanan untuk Januari dan Februari menunjukkan peningkatan yang kuat dalam pengeluaran jasa khususnya, sementara pengeluaran barang sedikit menurun.

"Konsumen meningkatkan pengeluaran pada ritel di bulan Maret, sementara pengeluaran pada jasa makanan — proksi utama untuk jasa dalam laporan penjualan ritel tetap kuat," tulis ekonom Bloomberg yang dipimpin oleh Anna Wong dalam pratinjau angka tersebut.

"Gaji yang kuat, didorong oleh peningkatan pasokan tenaga kerja, telah mendukung pertumbuhan pendapatan agregat dan, sebagai gantinya, konsumsi."

Investasi

Investasi bisnis kemungkinan naik lebih moderat di kuartal pertama. Data bulanan tentang pesanan barang tahan lama yang dipublikasikan Rabu menunjukkan pengiriman barang modal non-pertahanan turun sebesar 1,5% pada basis tahunan di bulan Maret, mengindikasikan kemungkinan pengurangan pengeluaran peralatan dalam angka PDB.

"Cuaca dan pesanan pesawat telah menyebabkan beberapa volatilitas dalam data terkini, tetapi secara keseluruhan, kami mengharapkan investasi bisnis tetap menjadi penarik, dibebani oleh suku bunga yang lebih tinggi," kata ekonom Citi Alice Zheng dan Andrew Hollenhorst Rabu dalam catatan kepada klien.

Investasi Residensial, di sisi lain, mungkin telah memberikan kontribusi terbesar terhadap pertumbuhan PDB sejak tahun 2020, menurut ekonom Goldman Sachs Spencer Hill. Suku bunga hipotek rata-rata sekitar setengah poin lebih rendah selama tiga bulan pertama tahun ini dibandingkan kuartal terakhir tahun 2023 yang membantu meningkatkan penjualan rumah baru dan bekas meskipun suku bunga telah naik lagi dalam beberapa minggu terakhir.

Pengeluaran Pemerintah

Ekonom juga melihat pengeluaran pemerintah sebagai kontributor penting untuk pertumbuhan PDB di kuartal pertama. Hal ini sebagian berkat pengejaran yang sedang berlangsung di tingkat negara bagian dan lokal, di mana pengeluaran dibatasi selama pandemi.

Pemulihan terlihat dalam data ketenagakerjaan bulanan: jumlah pegawai pemerintah lokal naik sebesar 3,4% pada basis tahunan di kuartal pertama, yang tertinggi sejak tahun 2021, sementara gaji pegawai pemerintah negara bagian meningkat dengan jumlah yang serupa.

"Kami memperkirakan pengeluaran pemerintah akan menjadi kontributor terbesar kedua untuk pertumbuhan, karena pengeluaran negara bagian dan lokal terus menutup kesenjangan pengeluaran pasca-Covid mereka," kata Michael Reid, Ekonom AS di RBC Capital Markets, Senin dalam catatan.

(bbn)

No more pages