Logo Bloomberg Technoz

"Kebutuhan ini mendesak: untuk Ukraina, yang menghadapi rentetan serangan dari Rusia; untuk Israel, yang baru saja menghadapi serangan tak terduga dari Iran; untuk para pengungsi dan mereka yang terkena dampak konflik dan bencana alam di seluruh dunia, termasuk di Gaza, Sudan, dan Haiti; dan untuk mitra kami yang mencari keamanan dan stabilitas di Indo-Pasifik,” kata Biden.

Aplikasi media sosial TikTok yang populer juga menghadapi larangan di AS berdasarkan undang-undang tersebut kecuali Bytedance Ltd mendivestasikan kepemilikannya dalam waktu 360 hari. Ketentuan ini akan dilawan oleh perusahaan induk yang berbasis di China tersebut di pengadilan AS.

Pemungutan suara Senat dengan hasil 79-18 pada Selasa malam mengakhiri kebuntuan kongres atas bantuan yang diminta Biden enam bulan lalu. Penundaan ini telah menyoroti meningkatnya isolasionisme di Partai Republik dan merusak kredibilitas komitmen strategis global AS.

"Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali," kata pemimpin Senat Partai Republik Mitch McConnell, yang mendukung paket bantuan tersebut. "Kita tidak harus menyerah pada Ukraina, dan kita tidak akan menyerah."

Persetujuan Senat atas paket tersebut sudah diperkirakan sebelumnya setelah DPR dengan suara mayoritas menyetujui RUU tersebut dengan suara bipartisan 311 banding 112. Ketua DPR Mike Johnson mendesak disahkannya RUU tersebut meskipun mayoritas anggota legislatif di partainya sendiri, Partai Republik, menentangnya.

Bantuan senilai US$61 miliar untuk Ukraina termasuk US$13 miliar untuk mengisi kembali persediaan AS terkait senjata yang sudah diberikan dan US$14 miliar untuk sistem pertahanan buatan AS yang akan diberikan kepada Ukraina. Negara ini juga akan mendanakan US$7 miliar untuk operasi militer AS di wilayah tersebut. Bantuan ekonomi senilai US$9,5 miliar dalam RUU tersebut diberikan kepada Ukraina dalam bentuk pinjaman yang dapat sepenuhnya dihapuskan oleh presiden setelah pemilu berikutnya.

Ide pinjaman ini pertama kali diajukan oleh Donald Trump, calon presiden dari Partai Republik, dan merupakan perubahan kunci pada undang-undang yang dibuat oleh para pemimpin DPR dari Partai Republik.

RUU tersebut juga mencakup bantuan untuk Israel dan Taiwan. Hal ini memungkinkan penyitaan aset dolar Rusia untuk membantu mendanai bantuan ke Ukraina.

(bbn)

No more pages