Logo Bloomberg Technoz

Cara Atasi Anak Tantrum di Tempat Umum

Dinda Decembria
23 April 2024 19:00

Dua anak mencoba mainan yang dijual di Pasar Gembrong, Jakarta, Kamis (11/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Dua anak mencoba mainan yang dijual di Pasar Gembrong, Jakarta, Kamis (11/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tantrum adalah salah satu cara anak ketika mengekspresikan dan mengelola perasaan, serta mencoba memahami atau mengubah apa yang terjadi di sekitar mereka. 

Ekspresi pada anak 1-4 tahun yang muncul biasanya meliputi marah, menangis, berteriak histeris, memukul, menendang,memecahkan barang, hingga melukai diri. Bagaimana cara orang tua mengatasi anak tantrum pada tempat umum?

"Pertama adalah, tarik ketempat aman, jangan di tengah keramaian sehingga menjadi tontonan orang seperti itu, jadi selamatkan dulu, amankan dia, amankan dari orang lain, kemudian aman bagi dirinya, jadi seperti itu," kata Anggota Unit Kerja Koordinasi Tumbuh Kembang Pediatri Sosia IDAI, DR Dr I Gusti Ayu Trisna Windiani dalam konferensi pers IDAI, Selasa (23/4/2024).

"Kalau sudah aman kita cukup dari jauh, diam saja. perlu kesabaran, jadi gausah malu, diamkan saja dulu, kasih anak waktu, misalnya ingin membeli mainan sedangkan nggak cocok sama usianya, wah disitu dia akan berteriak-teriak, berguling-guling, diamkan kasih time out," tambahnya.

Kemudian Dokter Trisna menjelaskan anak yang sudah mengalami tantrum selama 15 menit dalam waktu normal itu akan menurunkan rasa tantrumnya.