Logo Bloomberg Technoz

Marves Beberkan Alasan di Balik Gembar-gembor Tourism Fund

Pramesti Regita Cindy
23 April 2024 11:20

Candi Borobudur (Dok. Envato)
Candi Borobudur (Dok. Envato)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) mengakui saat ini memang tengah melakukan penyusunan rancangan peraturan tentang Dana Abadi Pariwisata Berkualitas, atau yang familier disebut tourism fund, bersama kementerian/lembaga terkait. 

Deputi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves Odo RM Manuhutu menjelaskan tujuan dari peraturan Dana Abadi Pariwisata adalah untuk menciptakan ekosistem pariwisata berkualitas.

"Rancangan ini bertujuan untuk menciptakan ekosistem pariwisata berkualitas berlandaskan pada empat pilar yaitu daya saing infrastruktur dasar, pengelolaan pariwisata berkelanjutan, keunikan destinasi, dan layanan pariwisata bernilai tinggi," kata Odo seperti dalam keterangan tertulisnya, Selasa (23/4/2024). 

Wacana pengembangan pariwisata berkualitas melalui partisipasi aktif berbagai pihak, jelas Odo, saat ini juga masih dalam tahap kajian awal serta diskusi yang melibatkan sejumlah sektor. 

Seorang wanita duduk di klub pantai di pantai Double Six di Seminyak, Bali, Selasa (26/12/2023). (Nyimas Laula/Bloomberg)

Kajian ini juga turut mempertimbangkam berbagai faktor seperti dampak ekonomi dan sosial, dan turut pula mempertimbangkan upaya untuk mendukung peningkatan target pergerakan wisatawan nusantara (wisnus).