Logo Bloomberg Technoz

Perintah ini datang menyusul program pembersihan yang diinisiasi oleh regulator China pada tahun 2023 yang diharapkan akan menghapus banyak aplikasi yang tidak berfungsi atau tidak terdaftar dari toko iOS dan Android domestik, termasuk yang lokal. 

Pada Agustus, China meminta semua pengembang aplikasi seluler untuk mendaftar pada pemerintah pada akhir Maret, atau berhenti beroperasi.

Beijing telah melarang penggunaan platform perpesanan dan media sosial asing seperti WhatsApp selama bertahun-tahun, menggunakan apa yang disebut industri dengan The Great Firewall (program  keamanan komputer yang dibuat China).

Hal itu telah membantu aplikasi seperti WeChat milik Tencent Holdings Ltd mendominasi penggunaan domestik, meskipun pengguna China masih dapat menggunakan jaringan pribadi virtual untuk melihat media asing.

Rich Bishop, pendiri sekaligus CEO AppInChina mengatakan aplikasi yang kurang sensitif dengan bisnis besar di China seperti Duolingo diharapkan untuk mematuhi rezim lisensi regulasi terbaru agar tetap beroperasi.

"Ini akan berarti bahwa konsumen Tiongkok hampir terbatas hanya pada aplikasi Tiongkok, dengan sejumlah kecil aplikasi internasional," kata Bishop, yang konsultasinya telah menerima puluhan pertanyaan dari perusahaan tentang cara tetap patuh dan mempublikasikan perangkat lunak di Tiongkok. 

"Ini merupakan perubahan besar — sehingga akan lebih memutuskan warga Tiongkok dari sisanya dunia dalam beberapa hal."

Tindakan terhadap layanan teknologi Amerika ini datang saat pemerintah AS mengambil langkah menuju larangan TikTok, aplikasi video populer dari ByteDance Ltd. yang berbasis di Beijing. 

Politisi AS juga telah mengutip kekhawatiran keamanan nasional dalam dorongan mereka untuk memaksa perusahaan untuk menjual TikTok kepada pemilik non-China atau menghadapi larangan di pasar AS.

"Kami berkewajiban untuk mengikuti hukum di negara-negara tempat kami beroperasi, meskipun kami tidak setuju. Administrasi Siber China memerintahkan penghapusan aplikasi-aplikasi ini dari etalase China berdasarkan kekhawatiran keamanan nasional mereka," kata Apple dalam sebuah pernyataan. 

"Aplikasi-aplikasi ini tetap tersedia untuk diunduh di semua etalase lainnya di mana mereka muncul."

Proses pendaftaran aplikasi dimulai tahun lalu dalam apa yang digambarkan Beijing sebagai upaya untuk melawan penipuan telepon dan penipuan. Kementerian Industri dan Teknologi Informasi mengatakan bahwa mereka akan melakukan pekerjaan pengawasan pada berkas-berkas tersebut dari April hingga Juni, dan mengambil tindakan terhadap aplikasi yang tidak terdaftar. 

Pengembang juga akan diwajibkan untuk mendirikan dan memperbaiki mekanisme untuk menangani "informasi ilegal."

Langkah MIIT dianggap sebagai langkah lain oleh Beijing untuk memperketat kontrol di seluruh ruang siber mereka, memaksa perusahaan internet untuk membersihkan informasi yang dianggap sensitif secara politik. Di luar aplikasi, situs web dan model AI bahasa besar juga telah tunduk pada pembatasan konten yang lebih besar.

Wall Street Journal adalah yang pertama melaporkan penghapusan aplikasi tersebut. Seorang juru bicara Meta merujuk Bloomberg News kepada pernyataan Apple. Perwakilan untuk Telegram dan Signal tidak merespons permintaan untuk komentar.

Tindakan Tiongkok ini datang saat legislasi divestasi TikTok diharapkan akan dimasukkan dalam paket bantuan cepat untuk Ukraina dan Israel yang diharapkan akan diadakan pemungutan suara oleh Kongres pada hari Sabtu ini.

China adalah negara kunci untuk iPhone, pasar konsumen terbesar di luar AS dan basis produksi utamanya. Direktur Eksekutif Tim Cook mengunjungi negara tersebut awal tahun ini dan menekankan pentingnya bagi bisnisnya. 

Apple telah lama mengatakan bahwa mereka perlu mengikuti hukum lokal sebagai bagian dari operasi toko aplikasinya secara efektif di berbagai negara.

(bbn)

No more pages