Logo Bloomberg Technoz

Ukuran utama harga konsumen naik lebih dari yang diperkirakan para ekonom selama tiga bulan berturut-turut di Maret, meningkatkan kekhawatiran bahwa kemajuan inflasi terhenti.

Ekspektasi yang tersirat di pasar untuk penurunan suku bunga The Fed--yang telah runtuh dalam dua minggu terakhir--menurun lebih lanjut minggu ini setelah Gubernur Jerome Powell mengisyaratkan para pembuat kebijakan akan menunggu lebih lama dari yang diantisipasi sebelumnya untuk menurunkan suku bunga.

Powell menunjuk pada kurangnya kemajuan yang dibuat di sisi inflasi, menambahkan bahwa The Fed dapat mempertahankan suku bunga stabil untuk "selama yang dibutuhkan" jika tekanan harga terus berlanjut.

Baru bulan lalu para investor bertaruh pada pemotongan tiga poin seperempat. Dalam proyeksi setelah pertemuan Fed pada Maret, para pembuat kebijakan secara tipis memperkirakan hal yang sama.

Awal pekan ini, Williams mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg Television bahwa bank sentral kemungkinan akan mulai menurunkan suku bunga tahun ini jika inflasi terus turun secara bertahap.

(bbn)

No more pages