Logo Bloomberg Technoz

Perbedaan antara emas asli dan emas palsu dapat tertampak dari segi fisiknya. Pada emas murni atau emas batangan, akan ada cap yang menandakan pada kadar tersebut.

Umumnya kadar emas yang digunakan pada satuan finenees dengan satuan karat dalam angka yakni dimulai dari 10K, 18K, dan 24K.

2. Gosok emas

Cara kedua cobalah menggosok permukaan emas menggunakan telapak tangan atau telunjuk. Jika setelah digosok warna menjadi pudar atau tidak seragam. Nah, bisa dikatakan bahwa emas ini palsu. Begitu dengan juga sebaliknya.

3. Gigit emas

Emas merupakan logam mulia lunak sehingga mudah sekali dibentuk. Emas kadar tinggi bisa dilakukan pengecekan kelunakannya. Makin tinggi karat, maka emas makin lunak.

Jika digigit pada permukaan emas menimbulkan bekas gigitan yang tertinggal maka artinya emas ini asli.

4. Gores emas dengan keramik atau kertas

Keaslian emas bisa dilakukan pengecekan dengan keramik atau kertas. Jika emas yang digoreskan ke keramik atau kertas tidak menyisakan bekas, maka emas itu asli.

Tak ada goresan yang ketinggalan bisa menjadi sebuah petunjuk bahwa emas itu asli. Akan tetapi cara ini bisa sekali menimbulkan berisiko rusak pada emas.

5. Dekatkan dengan magnet

Emas termasuk bersifat non-magnetis. Jika didekatkan, maka magnet emas tidak akan tertarik atau menempel.

Tetapi pada pengujian ini tak menjamin keaslian emas karena masih banyak logam lain yang memilki sifat non-magnetis.

6. Meneteskan asam

Cara ini digunakan para pedagang emas dan toko perhiasan. Ketika ingin melakukan sendiri, maka diperlukan kehati-hatian sebab cairan nitrat cukup berbahaya bagi tubuh dan pernapasan.

Cara melakukannya yakni dengan meneteskan asam nitrat ke emas kemudian amati reaksinya. Emas asli tak akan berubah warna saat ditetesi oleh asam nitrat. 

Lalu saat emas berubah warna menjadi hijau, artinya logam ini besi yang diberi lapisan emas. 

Kemudian jika warna yang berubah menjadi kuning, mengartikan kuningan diberi lapisan emas. Sementara itu, warna yang berubah menjadi putih susu, artinya perak yang diberi lapisan emas. 

7. Mengecek ke butik LM terdekat 

Kamu bisa membawa emas yang telah dibeli ke butik Antam LM terdekat. Di sana, petugas akan menentukan keaslian dan kadar emas yang terkandung di dalamnya.

(dec/ros)

No more pages