Logo Bloomberg Technoz

Gubernur Fed Michelle Bowman mengatakan pada sebuah acara terpisah di Washington bahwa perkembangan inflasi mungkin telah terhenti dan mempertanyakan sejauh mana kebijakan moneter menahan perekonomian.

"Ada banyak aktivitas pasar keuangan dan banyak pertumbuhan yang berkelanjutan yang tidak akan kita harapkan jika kebijakan cukup ketat," kata Bowman pada Rabu. "Menurut saya kebijakan ini membatasi. Saya rasa waktu akan membuktikan apakah kebijakan ini cukup ketat."

Para pejabat the Fed mengatakan bahwa mereka tidak terburu-buru untuk mulai menurunkan suku bunga, yang telah mereka pertahankan pada kisaran 5,25% hingga 5,5% sejak Juli. Data inflasi yang lebih tinggi dari perkiraan dalam tiga bulan pertama tahun ini telah meningkatkan kekhawatiran bahwa mungkin diperlukan waktu lebih lama dari yang diperkirakan sebelumnya untuk kembali ke target 2% The Fed.

Data tersebut juga menyebabkan pergeseran nada oleh Gubernur Jerome Powell pada awal pekan ini. Dia mengatakan pada Selasa bahwa adalah tepat untuk memberikan waktu lebih lanjut kepada kebijakan untuk bekerja, menambahkan bahwa The Fed dapat mempertahankan suku bunga stabil untuk "selama yang dibutuhkan" jika tekanan harga terus berlanjut.

Bowman mengatakan bahwa ada beberapa titik terang di sisi inflasi, seperti penurunan biaya makanan di banyak daerah. Namun, harga-harga masih naik untuk beberapa layanan, dan perumahan serta asuransi masih "jauh lebih mahal daripada di masa lalu."

(bbn)

No more pages