Logo Bloomberg Technoz

SEC yang skeptis dengan enggan menyetujui ETF Bitcoin spot AS pada Januari setelah pembalikan pengadilan tahun lalu. Produk-produk tersebut telah mengumpulkan aset sebesar US$59 miliar sejak diluncurkan pada Januari, salah satu debut tersukses yang pernah ada untuk kategori dana.

Hal tersebut juga membantu mengangkat Bitcoin ke rekor tertinggi pada pertengahan Maret.

Pergerakan harga Ether./dok. Bloomberg

Pedagang terbuka terhadap kemungkinan reli Ether jika SEC mengizinkan ETF yang secara langsung memegang token tersebut. Raksasa investasi seperti BlackRock Inc dan Fidelity Investments telah mengajukan permohonan untuk memulai dana tersebut, tetapi ada keraguan apakah regulator akan memberikan lampu hijau.

Meskipun Bitcoin diakui sebagai komoditas, SEC berpendapat bahwa sebagian besar token lainnya adalah sekuritas yang tidak terdaftar dan dengan demikian mengeklaim bahwa sektor aset digital penuh dengan ketidakpatuhan.

Identifikasi eksplisit Ether sebagai sekuritas yang tidak terdaftar akan menambah banyak tantangan dalam meluncurkan ETF.

Persetujuan SEC atas portofolio spot-Bitcoin juga bergantung pada korelasi antara CME Bitcoin berjangka dan pergerakan harga dalam aset digital itu sendiri, yang dianggap cukup untuk memungkinkan deteksi penipuan dan manipulasi.

Analis Bloomberg Intelligence ETF James Seyffart dan Eric Balchunas dalam catatan akhir Maret menetapkan peluang 75% terhadap prospek agensi tersebut menolak aplikasi Ether pada Mei. 

Mereka mengatakan SEC mungkin bersandar pada data “yang menunjukkan korelasi yang relatif lemah antara pasar spot dan pasar berjangka.”

(bbn)

No more pages