Logo Bloomberg Technoz

Terakhir kali Ohio berada di jalur totalitas pada tahun 1806, dan kota-kota besar, seperti Cleveland dan Dayton, akan melihat gerhana total pada 8 April, sementara daerah lain, seperti Columbus dan Toledo, akan melihat gerhana yang hampir total.

Negara bagian lain, seperti Arkansas, memperkirakan hingga 1,5 juta pengunjung dapat mengunjungi negara bagian mereka, menurut Arkansas Times.

Texas memperkirakan hingga 1 juta pengunjung dari luar negara bagian untuk acara ini, kata Direktur Departemen Transportasi negara bagian tersebut, Adam Hammons.

Pihak Air Terjun Niagara di Kanada telah mengumumkan keadaan darurat minggu lalu menjelang gerhana matahari karena mereka memperkirakan hingga 1 juta pengunjung akan turun ke air terjun yang ikonik ini, yang dianggap sebagai salah satu tempat terbaik untuk melihatnya.

FHWA menyarankan para pelancong untuk pergi lebih awal dan tinggal lebih lama di kota-kota dan negara bagian yang menjadi titik-titik untuk peristiwa langit yang langka ini untuk membantu menghindari kemacetan lalu lintas yang parah, terutama mengingat departemen ini memperkirakan setidaknya 5 juta orang akan melakukan perjalanan untuk menyaksikan peristiwa tersebut.

Jika semua 5 juta pengunjung pergi tak lama setelah gerhana total berakhir--yang akan berlangsung kurang dari empat menit--maka akan setara dengan 71 pertandingan sepak bola yang berakhir sekaligus, menurut sebuah jurnal dari Institute of Transportation Engineers.

Melissa Schleig belajar dengan cara yang sulit pada tahun 2017 ketika warga Virginia ini berkendara sejauh 400 mil ke Pegunungan Smoky untuk menyaksikannya sehari sebelum acara berlangsung.

"Seharusnya kami membutuhkan waktu sekitar enam hingga tujuh jam untuk pergi ke sana, tapi kami membutuhkan waktu sekitar enam jam hanya untuk pergi sekitar dua jam ke arah selatan dari sini," katanya kepada majalah Time. "Itu sangat gila."

Schleig adalah salah satu pengunjung yang diperkirakan akan pergi ke Air Terjun Niagara untuk acara tahun ini dan dia sudah berencana untuk menghindari kemacetan dengan memperpanjang perjalanannya. Dia berencana untuk berada di kota Kanada dari 4 April hingga 10 April.

Fotografer asal Michigan, Beth Hutter, 62 tahun, akan melakukan perjalanan ke Texas tahun ini lima hari sebelum acara berlangsung untuk menghindari bencana dan sakit kepala.

"Kami membuat kesalahan dengan mencoba pulang pada hari yang sama [untuk gerhana 2017]... Jadi untungnya, karena kami akan berada di sana, saya rasa kami tidak perlu berurusan dengan mimpi buruk lalu lintas seperti yang dialami kebanyakan orang," katanya kepada Time.

Fenomena langit yang langka ini, yang melihat bulan melintas di antara Bumi dan matahari, akan dimulai sekitar pukul 12:30 siang CST di Dallas sebelum berakhir sekitar pukul 4:40 sore di Caribou, Maine.

Sedangkan untuk kota-kota yang berada di jalur totalitas, pemadaman total akan dimulai antara pukul 13.40 CST di Dallas hingga 15.13 EST di Cleveland, hingga pukul 15.32 EST di Caribou, menurut NASA.

Gerhana matahari berikutnya di wilayah ini diperkirakan baru akan terjadi pada tahun 2044.

(red/ros)

No more pages