Logo Bloomberg Technoz

Ketika Gubernur Powell menjawab pertanyaan-pertanyaan setelah pidato pembukaannya, imbal hasil Treasury berbalik atau memangkas keuntungan awal. S&P 500 tetap lebih tinggi. Investor menaruh peluang yang sama besarnya pada pemotongan awal bulan Juni, dan perkiraan harga menunjukkan bahwa mereka melihat peluang pengurangan kurang dari tiga kali pada tahun ini.

“Mengingat kekuatan ekonomi dan kemajuan dalam mengendalikan inflasi sejauh ini, kita memiliki waktu untuk membiarkan data masuk membimbing keputusan kami tentang kebijakan,” kata Powell dalam pidato pembukaannya sebelum pembicaraan singkat. “Jika ekonomi berkembang secara luas seperti yang kami harapkan, sebagian besar peserta FOMC melihatnya sebagai hal yang mungkin untuk mulai menurunkan suku bunga kebijakan pada suatu saat tahun ini.”

Pidato Powell memperkuat pernyataan yang telah ia buat setelah pertemuan Maret. Mereka juga berpendapat bahwa The Fed tidak mungkin menurunkan suku bunga pada pertemuan berikutnya yang berlangsung 30 April-1 Mei.

Data pemerintah yang dirilis Jumat menunjukkan bahwa ukuran inflasi yang mendasari pilihan The Fed mereda pada Februari setelah kenaikan yang lebih besar dari yang dilaporkan sebelumnya pada Januari. Meski begitu, kenaikan berturut-turut dalam indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) inti – yang tidak termasuk biaya pangan dan energi yang berfluktuasi – merupakan yang terbesar dalam satu tahun.

“Powell masih terdengar dovish, karena lonjakan inflasi awal tahun ini mungkin hanya sebuah perubahan kecil dan bukan tren baru,” kata Kathy Bostjancic, kepala ekonom di Nationwide Mutual Insurance Co. “Komentarnya mendukung pandangan kami bahwa penurunan suku bunga pada bulan Juni akan segera terjadi. Namun kita perlu melihat penurunan angka inflasi mulai dari angka bulan Maret.”

Bostjancic mengatakan bahwa saat ini, dia melihat penurunan suku bunga pada bulan Juli lebih mungkin terjadi.

Gambaran Pasar Tenaga Kerja

Powell bulan lalu mengatakan bahwa pelemahan tak terduga di pasar tenaga kerja memerlukan tanggapan kebijakan dari para pejabat The Fed. The Fed akan mendapatkan pembaruan lain tentang kesehatan pasar tenaga kerja pada Jumat (05/04/2024) dengan dirilisnya laporan ketenagakerjaan bulanan, yang diperkirakan menunjukkan peningkatan 213.000 pekerjaan di bulan Maret.

Para pejabat The Fed pada Maret terpecah dalam hal seberapa agresif penurunan suku bunga tahun ini. 'Dot plot' bank sentral menunjukkan 10 pejabat memperkirakan tiga atau lebih pemotongan seperempat poin tahun ini, sementara sembilan mengantisipasi dua atau kurang.

Kemudian pada Rabu, Gubernur The Fed Adriana Kugler mengatakan dia berharap inflasi dapat terus melambat tanpa memberikan dampak signifikan terhadap lapangan pekerjaan atau ekonomi secara luas.

“Jika disinflasi dan kondisi pasar tenaga kerja berjalan seperti yang saya perkirakan saat ini, maka penurunan tingkat kebijakan beberapa tahun ini akan tepat,” katanya.

Selama perbincangan santai, Powell merinci peran besar faktor sisi penawaran seperti pertumbuhan penduduk dalam pemulihan inflasi. Meskipun tidak jelas apakah faktor-faktor tersebut akan terus mengurangi tekanan harga di masa depan, gubernur The Fed itu tampak optimis.

"Mungkin ada lebih banyak keuntungan dari sisi penawaran yang bisa didapat," katanya. "Survei bisnis masih menunjukkan kesulitan dalam merekrut orang, kesulitan dalam mendapatkan input yang mereka butuhkan untuk bisnis mereka - jadi, ada beberapa manfaat lagi di sana."

Gubernur The Fed juga menggunakan sebagian pidatonya untuk menekankan bahwa bank sentral membuat keputusan independen dari politik. Powell menambahkan bahwa dia merasa tidak pantas untuk ikut campur dalam masalah kebijakan publik lainnya, seperti kebijakan perubahan iklim.

"Analisis kami bebas dari bias pribadi atau politik, untuk melayani publik," katanya. "Kami tidak akan selalu melakukannya dengan benar - tidak ada yang bisa melakukannya. Tetapi keputusan kami akan selalu mencerminkan penilaian hati-hati kami tentang apa yang terbaik untuk ekonomi kita dalam jangka menengah dan panjang - dan tidak lebih."

(bbn)

No more pages