Logo Bloomberg Technoz

Hal ini mendorong meningkatnya kekhawatiran dari pihak berwenang tentang pembeli rumah yang mengambil utang di bawah prospek ekonomi yang tidak menentu. URA memperingatkan bahwa suku bunga hipotek domestik diperkirakan akan tetap berada pada tingkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang terlihat selama satu dekade terakhir.

Morgan Stanley, yang memprediksi penurunan 3% pada harga rumah pribadi tahun ini, mengatakan dalam sebuah catatan pada Senin bahwa harga-harga tersebut "sudah mendekati puncaknya."

Ada ketegangan yang meningkat di segmen-segmen tertentu seperti apartemen-apartemen mewah, sebuah pasar yang telah terpukul oleh bea materai 60% yang dikenakan pada pembelian oleh orang asing tahun lalu. Hal ini menyebabkan para pengembang kesulitan untuk menjual unit-unitnya, dan dalam beberapa kasus, mereka harus menawarkan diskon untuk proyek-proyek mereka.

Pihak berwenang juga bergulat dengan kekhawatiran para pemilih tentang keterjangkauan harga rumah. Dalam anggaran tahunannya di Februari, pemerintah menahan diri untuk tidak memperkenalkan langkah-langkah pemicu permintaan utama, tidak seperti pusat-pusat saingan lainnya seperti Hong Kong.

Hal ini terlihat jelas di pasar perumahan umum, di mana sebagian besar penduduk setempat tinggal. Kenaikan harga untuk rumah susun bekas yang dibangun pemerintah meningkat menjadi 1,7% pada kuartal pertama dari 1,1% tiga bulan sebelumnya, estimasi awal yang terpisah menunjukkan pada Senin. Ini adalah kenaikan selama 16 kuartal berturut-turut.

Permintaan lokal untuk rumah-rumah pribadi di pinggiran kota juga membuat harga-harga tetap bertahan. Lentor Mansion, sebuah proyek kondominium di bagian utara pulau ini, berhasil menjual sekitar 75% dari 533 unit ketika diluncurkan pada pertengahan Maret.

Tingginya tingkat pembelian ini kemungkinan hanya terjadi sekali saja, tulis analis Citigroup Inc, Brandon Lee, dalam sebuah catatan di Maret karena "membanjirnya suplai" dari sekitar 47 proyek residensial tahun ini telah membebani sentimen pembelian.

Perubahan harga final akan dirilis oleh URA pada 26 April.

(bbn)

No more pages