Logo Bloomberg Technoz

Tiba di China, Prabowo Dijadwalkan Bertemu Xi Jinping Hari Ini

News
01 April 2024 11:42

Capres Prabowo Subianto usai penetapan hasil Pemilu 2024 di Jalan Kertanegara, Jakarta, Rabu (20/3/2024). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Capres Prabowo Subianto usai penetapan hasil Pemilu 2024 di Jalan Kertanegara, Jakarta, Rabu (20/3/2024). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Chandra Asmara dan Ben Westcott - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden China Xi Jinping dijadwalkan akan bertemu Prabowo Subianto di Beijing pada Senin (01/04/2024) di tengah meningkatnya ketegangan di Laut Cina Selatan (LCS).

Menurut video yang diposting secara online oleh China Central Television, Prabowo, yang akan menggantikan Joko Widodo (Jokowi) pada Oktober, telah tiba di ibu kota China. Kementerian Pertahanan Indonesia mengatakan perjalanan Prabowo dimaksudkan untuk "memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan China serta meningkatkan kerja sama, khususnya di bidang pertahanan."

Ini adalah perjalanan internasional pertama bagi Prabowo sejak memenangkan pemilu pada Februari. Kunjungan ini "menunjukkan kekokohan hubungan China-Indonesia," kata Kementerian Luar Negeri China sebelumnya. Prabowo juga akan bertemu dengan Perdana Menteri Li Qiang dan Menteri Pertahanan Dong Jun sebelum berangkat pada hari Selasa (02/04/2024).

Para investor akan memperhatikan apakah Prabowo akan melanjutkan strategi jalan tengah pendahulunya dalam menavigasi persaingan AS-China. China merupakan mitra ekonomi terbesar Indonesia dan mengalirkan lebih dari US$7 miliar ke kapasitas pemrosesan komoditas negara ini.