Logo Bloomberg Technoz

"The Fed saat ini sangat bergantung pada data," kata Matthew Luzzetti, kepala ekonom AS di Deutsche Bank. "Sampai kita mendapatkan konfirmasi atau pandangan berbeda tentang apa yang akan terjadi pada data, agak sulit menentukan dengan tepat apa yang akan terjadi dari perspektif kebijakan The Fed."

Dot Plot The Fed pada Maret. (Sumber: Bloomberg)

Di China, menurut pernyataan Biro Statistik Nasional pada Minggu, indeks manajer pembelian manufaktur (Purchasing Manager's Index/PMI) resmi mengalami peningkatan pada Maret untuk pertama kalinya sejak September. Angka tersebut menunjukkan bahwa negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut telah mempertahankan daya tariknya setelah awal tahun yang solid dan dapat memberi pembuat kebijakan lebih banyak waktu untuk menilai dampak dari langkah-langkah stimulus sebelumnya.

China telah menetapkan target untuk meningkatkan produk domestik bruto (PDB) sekitar 5% tahun ini, yang dianggap oleh banyak ekonom sulit dicapai, mengingat penurunan berkepanjangan di sektor properti dan tekanan deflasi yang terus-menerus.

"Sektor industri tampaknya tangguh, sebagian terbantu oleh ekspor yang kuat," kata Zhang Zhiwei, kepala ekonom di Pinpoint Asset Management. "Jika pengeluaran fiskal meningkat dan ekspor tetap kuat, momentum ekonomi mungkin akan membaik."

Investor akan terus mencermati Treasury pada Senin (01/04/2024) saat perdagangan dilanjutkan selama jam-jam Asia. Dolar beragam dan bergerak dalam kisaran ketat terhadap mata uang negara-negara G-10 lainnya, dengan pengukur kekuatan dolar mengakhiri kuartal dengan lebih tinggi.

Para pelaku pasar di Wall Street membawa S&P 500 ke rekor ke-22 tahun ini akhir pekan lalu. Lonjakan nilai ekuitas AS sebesar US$4 triliun hanya dalam tiga bulan mengejutkan para peramal, sekaligus membuat sejumlah ahli strategi berebut untuk memperbarui target mereka di 2024.

Di tempat lain, Bitcoin diperdagangkan di atas US$70.000. Mata uang digital terbesar ini telah melonjak hampir 70% tahun ini di tengah permintaan yang terus-menerus untuk exchange-traded fund (ETF) AS yang memegang token tersebut.

(bbn)

No more pages