Logo Bloomberg Technoz

“Langkah-langkah yang baru-baru ini dilakukan untuk memperbaiki ketidakseimbangan makroekonomi, termasuk penyatuan nilai tukar, penyelesaian simpanan permintaan valuta asing, dan pengetatan kebijakan moneter dan fiskal yang signifikan, merupakan hal yang sulit, namun merupakan langkah maju yang penting, dan upaya tersebut harus dilanjutkan ke depan.”

Kesepakatan ini merupakan bagian dari investasi, pinjaman, dan hibah senilai lebih dari US$50 miliar yang dijanjikan untuk menopang perekonomian negara Timur Tengah dengan peran penting dalam mengelola pergolakan di kawasan yang semakin dipandang terlalu besar untuk gagal.

Negara berpenduduk lebih dari 105 juta orang ini juga dilanda konflik di tempat lain dalam beberapa tahun terakhir. Invasi Rusia ke Ukraina menaikkan harga impor gandum dan minyak sehingga menguras cadangan dolar, sementara dampak perang Israel-Hamas telah melemahkan pariwisata dan memangkas biaya Terusan Suez, yang keduanya merupakan sumber mata uang utama.

Mesir, yang merupakan negara peminjam terbesar kedua IMF setelah Argentina, memperkirakan mendapat akses terhadap pendanaan tambahan sekitar US$1,2 miliar dari pemberi pinjaman tersebut. Menyusul devaluasi dan janji, investor yang tertarik dengan imbal hasil tinggi dan mata uang yang lebih murah telah berinvestasi dalam obligasi lokal Mesir dengan kecepatan tinggi.

(bbn)

No more pages