Logo Bloomberg Technoz

Daftar Tarif Terbaru Tol Trans-Jawa di Musim Mudik 2024

Pramesti Regita Cindy
29 March 2024 14:00

Gerbang tol Cikampek Utama. (Dok PT Jasamarga Transjawa Tol)
Gerbang tol Cikampek Utama. (Dok PT Jasamarga Transjawa Tol)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bagi anda yang akan hendak mudik antarwilayah di Pulau Jawa, jalan tol menjadi alternatif penghubung yang cepat, terlebih dengan kehadiran Tol Trans-Jawa. 

Namun tetap perlu diingat bahwa jalan tol merupakan jalan yang berbayar. Oleh karena itu masyarakat yang hendak lewat harus mempersiapkan uang dalam bentuk e-toll untuk membayar tarifnya. Lalu, berapa tarif yang diberlakukan di ruas Tol Trans Jawa?

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui laman Instagram resminya @pupr_bpjt mengunggah daftar tarif Tol Trans Jawa. Masyarakat bahkan diingatkan untuk senantiasa menyiapkan saldo e-toll sesuai tujuan perjalanan. 

"#SobatBPJT yang ada di Pulau Jawa tahun ini ada rencana mudik Lebaran kemana? Yuk cek dulu estimasi tarif perjalanan (untuk kendaraan Golongan 1) sebelum berangkat. Jangan lupa isi saldo kartu uang elektronik (e-Toll) yang cukup sesuai tujuan perjalanan ya," tulis BPJT PUPR, dikutip Jumat (29/3/2024). 

Tol Trans Jawa sendiri menjadi jalan tol yang menghubungkan kota-kota di pulau Jawa yang mana jalannya membentang antara  Pelabuhan Merak, Cilegon, Provinsi Banten hingga Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Tidak hanya itu, jalan tol ini menghubungkan dua kota terbesar di Indonesia, Jakarta dan Surabaya.