Logo Bloomberg Technoz

Setelah mengalami kenaikan penjualan selama pandemi, capaian iPad kemudian turun selama dua tahun fiskal terakhir, yang berlangsung hingga September.

Perangkat ini mengalami penurunan tambahan 25% dari tahun ke tahun selama periode liburan terakhir, yang seharusnya menjadi hadiah yang populer.

Juru bicara Apple menolak berkomentar.

Model iPad Pro—dengan nama kode J717, J718, J720 dan J721—akan dibekali cip M3 baru dan bekerja dengan versi Magic Keyboard, juga Apple Pencil yang didesain ulang. Pembaruan ini merupakan perombakan pertama pada jajaran produk tersebut sejak 2018.

Sementara itu, iPad Air terakhir diperbarui pada tahun 2022 dengan chip M1. iPad Air terbaru akan mendapatkan update prosesor dengan layar 12,9 inch, dan konsumen bisa mendapatkan iPad besar dengan harga lebih murah daripada Pro yang lebih mahal.

Tren penjualan iPad tahunan sejak 2014-2023. (Dok: Bloomberg)

iPad Air saat ini dijual mulai dari US$599, sedangkan lini Pro lebih mahal US$200.

Apple sebelumnya berencana merilis iPad baru pada akhir Maret atau awal April, tetapi perusahaan masih bekerja untuk menyelesaikan perangkat software.

Layar pada model terbaru juga membutuhkan teknik manufaktur baru kompleks, yang telah berkontribusi pada penundaan. 

Peluncuran produk pada awal Mei akan dilakukan sekitar satu bulan sebelum acara besar Apple berikutnya. Pada tanggal 10 Juni, perusahaan berencana untuk memulai Worldwide Developers Conference selama seminggu.

Pada gelaran WDC, Apple diperkirakan akan mengungkap strategi kecerdasan buatan yang diperbarui—bersamaan dengan pembaruan perangkat software iPhone, iPad, Apple Watch, Mac, dan headset Vision Pro.

(bbn)

No more pages