Logo Bloomberg Technoz

"Pantau terus perkembangan info cuaca dan peringatan dini cuaca, gelombang tinggi, pasang air laut dan tsunami, serta info dini gempa bumi melalui aplikasi InfoBMKG dan Indonesia Weather Information for Shipping (InaWIS)."

Secara umum, BMKG memprediksi akan terjadi tiga kondisi cuaca selama fase mudik, lebaran, dan balik. 
Menurut Dwikorita, periode pertama terjadi pada masa mudik atau 3-9 April 2024. Pada pekan ini BMKG memprediksi sejumlah wilayah Indonesia berpotensi mengalami hujan dalam kategori ringan - sedang. 

Periode kedua, sepekan saat Lebaran 2024 yaitu pada tanggal 10-16 April 2024 diprediksi akan cerah hingga cerah berawan. Sedangkan periode ketiga, 17-23 April 2024, BMKG memprediksi Indonesia bagian utara dan tengah berpotensi mengalami hujan dengan kategori ringan - sedang. 

Meski demikian, dinamika cuaca masih bisa berganti karena adanya potensi tumbuhnya bibit siklon tropis ataupun siklon tropis yang terjadi di Samudra Hindia atau perairan selatan Indonesia.

"BMKG bersama BRIN, BNPB, dan TNI AU menyiapkan opsi untuk melakukan operasi teknologi modifikasi cuaca untuk mengantisipasi cuaca ekstrem. Semua dalam posisi stand by. BMKG juga membuka posko pelayanan selama pelaksanaan arus mudik dan arus balik Lebaran," ujar Dwikorita.

Pemerintah memprediksi 71,7% masyarakat Indonesia atau 193,6 juta orang akan melakukan mudik pada Lebaran 2024. Angka tersebut meningkat jika dibandingkan dengan mudik Lebaran 2023, yakni sebesar 123,8 juta orang. 

Puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi mulai 5 hingga 8 April 2024. Sedangkan, puncak arus balik akan terjadi pada 13 hingga 16 April 2024.

(red/frg)

No more pages