Logo Bloomberg Technoz

JPMorgan: Reli di Pasar Saham akan Berakhir & Bisa Ada Guncangan

News
28 March 2024 10:00

Ilustrasi Bursa Saham AS (Sumber: Michael Nagle/Bloomberg)
Ilustrasi Bursa Saham AS (Sumber: Michael Nagle/Bloomberg)

Alexandra Semenova - Bloomberg News

Bloomberg, Ini adalah pembicaraan di pasar saham: Apa yang akan menjadi tanda bahwa reli lima bulan dalam ekuitas AS akan segera berakhir. Namun, jika Anda bertanya kepada Dubravko Lakos-Bujas dari JPMorgan Chase Co, para investor mungkin tidak akan melihatnya ketika hal itu terjadi.

Kepala strategi ekuitas global raksasa Wall Street ini memperingatkan para kliennya pada Rabu bahwa mereka dapat "terjebak di sisi yang salah" dari perdagangan momentum ketika akhirnya goyah, dan ia mendorong mereka untuk mempertimbangkan diversifikasi kepemilikan mereka dan memikirkan manajemen risiko dalam portofolio mereka. Dia juga mengulangi peringatannya bahwa kerumunan yang berlebihan pada saham-saham berkinerja terbaik di pasar meningkatkan risiko koreksi yang akan segera terjadi.

"Itu mungkin saja terjadi suatu hari nanti. Hal ini pernah terjadi di masa lalu, kita pernah mengalami kejatuhan yang sangat cepat," kata Lakos-Bujos dalam sebuah webinar. "Satu dana besar mulai melepas beberapa posisi, dana kedua mendengar hal itu dan mencoba memposisikan ulang, dana ketiga pada dasarnya lengah, dan hal berikutnya yang Anda tahu, kita mulai mengalami momentum yang lebih besar dan lebih besar lagi."

JPMorgan (Dok: Bloomberg)

Pernyataannya muncul di hari-hari perdagangan terakhir kuartal pertama yang kuat untuk saham, dengan Indeks S&P 500 berada di jalur yang tepat untuk pengembalian sekitar 10%. Indeks ekuitas AS ini akan membukukan kenaikan selama lima bulan berturut-turut karena pendapatan perusahaan tetap kuat, antusiasme terhadap kecerdasan buatan terus meningkat, ekonomi AS tetap sehat dan Federal Reserve mengisyaratkan kesediaannya untuk memangkas suku bunga tahun ini.